Senin, 06 Januari 2014

TULISAN ETIKA BISNIS 1 - STRATEGI DISTRIBUSI


Nama                   : FIFI ELLIN
Kelas                    : 4EA13
NPM                    : 12210769

STRATEGI DISTRIBUSI

JENIS PRODUK                   : TAS “BAGTERIA” dalam naungan PT. Metamorfosa Abadi
NEGARA YANG DITUJU   : HONGKONG
 

SEKILAS TENTANG TAS “BAGTERIA” :
            Anda yang melafalkan Bagteria mungkin baru pertama kalinya mendengar ada tas tangan produk Indonesia dimiliki oleh orang Indonesia juga tapi bergaung diantara para artis yang berlenggok diatas karpet merah Hollywood. Paris Hilton, Emma Thompson dan Anggun C. Sasmi hanya sederet nama pengguna tas tangan Bagteria. Tersebar disekitar 30 negara, Bagteria terdistribusikan. . Mengapa disebut Bagetria? BAGTERIA nama pemberian suami sang pemilik yaitu Nancy Go dan Bert ng..Supaya kesannya humor saja.Mudah-mudahan seperti bakteri yang mewabah.PT. Metamorfosa Abadi menjadi perusahaan yang menaungi Bagteria.
            Semuanya bermula dari kesenangan Nancy membuat kerajinan tangan seperti sulam menyulam dan merajut.Misi mereka berdua sebetulnya adalah ingin mengenalkan produk Indonesia ke kalangan internasional.Bagteria mulai diproduksi sejak tahun 2000.Jumlah karyawan saat itu hanya 5 orang.Mereka menyewa satu rumah untuk produksi yang terletak diseberang rumah mereka.
Akhirnya rumah produksi bertambah menjadi tiga, berdiri berderetan. Karena produksi bertambah dan semakin banyak orang tertarik, mau tak mau Bagteria perlu mendapatkan display tempat yang lebih pantas. Baru pada akhir tahun 2000, PT. Metamorfosa Abadi, perusahaan yang menaungi Bagteria membuka butik di Plaza Senayan.Sekarang butik di Plaza Senayan sudah ditutup dan digantikan butik di Plaza Indonesia dan Alun-Alun Indonesia, Grand Indonesia.Semua produk didesain oleh Nancy sendiri. Namun seiring berkembanganya produk, Nancy membentuk tim desain.
Hongkong merupakan destinasi awal Bagteria dipasarkan. Kenapa Hongkong? Untuk pasaran fashion di Asia pakarnya adalah Hongkong, mereka tidak mempunyai kenalan siapapun di luar negeri, pemilik meyakinkan terhadap pencapaiannya pada jalur internasional.

PEMBAHASAN :
            Berdasarkan materi – materi dan teori yang telah disampaikan diatas mengenai saluran distribusi di luar negeri, yaitu konsentrasi saluran distribusi disini adalah pada perusahaan PT. Metamorfosa Abadi yang dalam naungannya memproduksi Tas bermerek “ Bagteria ” dengan strategi distribusi yang dipilih adalah dengan menggunakan Saluran Distribusi Langsung yaitu dengan adanya distributor resmi di setiap Negara yang menjadi tujuan.
Dengan memasukkan Bagteria ke berbagai distributor yang tersebar diberbagai benua. PT. Metamorfosa hanya menjual pada distributor. Distributor inilah yang akan menyalurkannya pada butik butik di Negara tersebut.
PT. Metamorfosa abadi dalam naungannya pada produk tas Bagteria memilih Hongkong sebagai Negara yang dituju, karena untuk pasaran fashion di Asia pakarnya adalah Hongkong atau dengan kata lain Hongkong sebagai kiblat fashion di Asia. Pada awalnya Nancy go sang pemilik beserta suaminya tidak mempunyai kenalan siapapun di Hongkong, namun dengen pengetahuan mereka terhadap butik mana saja yang berpotensi untuk penjualan Bagteria, maka mereka bisa bekerja sama dan memasukkan Bagteria di butik sekaligus sebagai distributor resmi di Hongkong.
Di Hongkong, ia memilih salah satu distributor sebagai master franchise yang menyebarkan Bagteria ke butik – butik pilihan.
Dengan memilih Negara Hongkong sebagai pilihan awal untuk memasarkan produknya merupakan pilihan yang tepat, karena setelah produk Bagteria masuk ke Hongkong, banyak order berdatangan dari Negara lainnya, yaitu Jepang. Jepang tertarik dengan produk Bagteria yang kemudia masuk ke pasaran negaranya tersebut melalu jalur pameran sebagai wahana memperkenalkan produknya. Jepang tertarik memasarkan produk Bagteria dan memasarkannya melalui distributor.
Bagteria tidak menjual pada konsumen akhir (end user) , dan sampai sekarang bagteria hanya menjual ke berbagai distributor. Dengan menggunakan saluran distribusi langsung, Bagteria mendistribusikan produknya dengan menggunakan distributor resmi di setiap Negara dengan mempertahankan hubungan yang berkelanjutan dengan PT. Metamorfosa abadi. Dari distributor resmi ini, distributor ini kemudian menyalurkannya ke butik – butik yang berpotensi dalam peningkatan penjualan tas Bagteria.
Menurut saya, saluran distribusi yang dijalankan oleh PT. Metamorfosa Abadi dalam naungannya untuk memproduksi Tas Bagteria yaitu dengan menggunakan Saluran Distribusi Langsung dengan mendistribusikannya kepada distributor resmi dan kemudian distributor ini menyalurkannya kepada butik-butik disetiap Negara merupakan strategi distribusi yang baik untuk dijalankan oleh perusahaan ini. Pasalnya dengan menggunakan distribusi langsung merupakan strategi distribusi yang efektif dan baik untuk diterapkan oleh PT. metamorfosa Abadi (tas Bagteria) karena dengan adanya saluran distribusi langsung perusahaan dapat langsung turun tangan dalam pendistribusian produk yang dibuatnya yaitu tas Bagteria.
Perusahaan dapat langsung menjalin kerja sama di berbagai Negara melalui distributor – distributor resmi di Negara yang merupakan tujuan untuk memasarkan produk tas Bagteria tersebut. Hal ini dibuktikan dengan adanya saluran distribusi langsung, kini Bagteria sudah terkenal di penjuru dunia. Setelah di Hongkong dan Jepang, Kini Bagteria tersebar di 30 negara termasuk Italia, Prancis, Inggris, AS, Jepang, dan Kuwait.
Dari strategi distribusi langsung ini, juga dapat membawa dampak positif bagi Negara Indonesia , karena Negara kita adalah Negara yang digunakan oleh Nancy ( pemilik) untuk memproduksi tas Bagteria yaitu di Jakarta Barat, sehingga dapat meningkatkan nilai ekspor di dalam negeri, sehinggan diharapkan dan memungkinakan Negara dalam keadaan surplus dimana nilai ekspor lebih besar dari nilai impor.

Dengan kegiatan ekspor yang dilakukan PT. Metamorfosa Abadi, diharapkan juga dapat menigkat devisa Negara serta dapat memperkenalkan produk dalam negeri di dunia internasional, sehingga Negara – Negara diluar negri semakin mengenal Negara Indonesia. Hal ini juga dapat meningkatkan kerja sama antara Negara Indonesia dengan Negara – Negara lainnya.
Manfaat lainnya dari distribusi langsung ini, dengan produksinya yang berada di dalam negeri, dapat menurunkan tingkat pengangguran, hal ini ditunjukan dengan adanya kerja sama perusahaan PT. Metamorfosa Abadi dengan pengrajin – pengrajin local di Indonesia dalam pembuatan tas Bagteria.
Tantangan dalam strategi distribusi langsung yang dilakukan adalah bagaimana perusahaan PT. Metamorfosa Abadi ini untuk meyakinkan Negara yang dituju agar mau menyalurkan produknya yaitu tas Bagteria ke Negara yang akan dijadikan tujuan untuk memasarkan produknya, kemudian bagaimana perusahaan dapat menjalin kerja sama dengan baik, dan mempertahankan kualitas produk agar barang atau produknya yaitu tas Bagteria bisa terus di ekspor ke Negara – negaradi seluruh dunia.
Kini dengan lancarnya saluran distribusi langsung yang dilakukan tas Bagteria, Nancy (pemilik) merasa bangga karena karyanya telah diterima didunia internasional. Tanah air pun sudah diapresiasi dengan baik. Bahkan sebuah merek internasional mempercayakan pengerjaan tas pada workshop miliknya. Kualitas dan kelas produk-produk Bagteria telah diapresiasi dunia fashion internasional. Bagteria telah berjaya di berbagai kiblat fashion dunia, seperti Milan, Paris, Tokyo, New York, dan lain-lain. Banyak selebritis dan sosialita dunia yang sudah menjinjing Bagteria, sebut saja Blake Lively, Emma Thompson, Anggun, Putri Zara Phillips, Paris Hilton, dan lain-lain.



TULISAN ETIKA BISNIS 1 - STRATEGI DISTRIBUSI


Nama                   : FIFI ELLIN
Kelas                    : 4EA13
NPM                    : 12210769

STRATEGI DISTRIBUSI

JENIS PRODUK                   : TAS “BAGTERIA” dalam naungan PT. Metamorfosa Abadi
NEGARA YANG DITUJU   : HONGKONG
 

SEKILAS TENTANG TAS “BAGTERIA” :
            Anda yang melafalkan Bagteria mungkin baru pertama kalinya mendengar ada tas tangan produk Indonesia dimiliki oleh orang Indonesia juga tapi bergaung diantara para artis yang berlenggok diatas karpet merah Hollywood. Paris Hilton, Emma Thompson dan Anggun C. Sasmi hanya sederet nama pengguna tas tangan Bagteria. Tersebar disekitar 30 negara, Bagteria terdistribusikan. . Mengapa disebut Bagetria? BAGTERIA nama pemberian suami sang pemilik yaitu Nancy Go dan Bert ng..Supaya kesannya humor saja.Mudah-mudahan seperti bakteri yang mewabah.PT. Metamorfosa Abadi menjadi perusahaan yang menaungi Bagteria.
            Semuanya bermula dari kesenangan Nancy membuat kerajinan tangan seperti sulam menyulam dan merajut.Misi mereka berdua sebetulnya adalah ingin mengenalkan produk Indonesia ke kalangan internasional.Bagteria mulai diproduksi sejak tahun 2000.Jumlah karyawan saat itu hanya 5 orang.Mereka menyewa satu rumah untuk produksi yang terletak diseberang rumah mereka.
Akhirnya rumah produksi bertambah menjadi tiga, berdiri berderetan. Karena produksi bertambah dan semakin banyak orang tertarik, mau tak mau Bagteria perlu mendapatkan display tempat yang lebih pantas. Baru pada akhir tahun 2000, PT. Metamorfosa Abadi, perusahaan yang menaungi Bagteria membuka butik di Plaza Senayan.Sekarang butik di Plaza Senayan sudah ditutup dan digantikan butik di Plaza Indonesia dan Alun-Alun Indonesia, Grand Indonesia.Semua produk didesain oleh Nancy sendiri. Namun seiring berkembanganya produk, Nancy membentuk tim desain.
Hongkong merupakan destinasi awal Bagteria dipasarkan. Kenapa Hongkong? Untuk pasaran fashion di Asia pakarnya adalah Hongkong, mereka tidak mempunyai kenalan siapapun di luar negeri, pemilik meyakinkan terhadap pencapaiannya pada jalur internasional.

PEMBAHASAN :
            Berdasarkan materi – materi dan teori yang telah disampaikan diatas mengenai saluran distribusi di luar negeri, yaitu konsentrasi saluran distribusi disini adalah pada perusahaan PT. Metamorfosa Abadi yang dalam naungannya memproduksi Tas bermerek “ Bagteria ” dengan strategi distribusi yang dipilih adalah dengan menggunakan Saluran Distribusi Langsung yaitu dengan adanya distributor resmi di setiap Negara yang menjadi tujuan.
Dengan memasukkan Bagteria ke berbagai distributor yang tersebar diberbagai benua. PT. Metamorfosa hanya menjual pada distributor. Distributor inilah yang akan menyalurkannya pada butik butik di Negara tersebut.
PT. Metamorfosa abadi dalam naungannya pada produk tas Bagteria memilih Hongkong sebagai Negara yang dituju, karena untuk pasaran fashion di Asia pakarnya adalah Hongkong atau dengan kata lain Hongkong sebagai kiblat fashion di Asia. Pada awalnya Nancy go sang pemilik beserta suaminya tidak mempunyai kenalan siapapun di Hongkong, namun dengen pengetahuan mereka terhadap butik mana saja yang berpotensi untuk penjualan Bagteria, maka mereka bisa bekerja sama dan memasukkan Bagteria di butik sekaligus sebagai distributor resmi di Hongkong.
Di Hongkong, ia memilih salah satu distributor sebagai master franchise yang menyebarkan Bagteria ke butik – butik pilihan.
Dengan memilih Negara Hongkong sebagai pilihan awal untuk memasarkan produknya merupakan pilihan yang tepat, karena setelah produk Bagteria masuk ke Hongkong, banyak order berdatangan dari Negara lainnya, yaitu Jepang. Jepang tertarik dengan produk Bagteria yang kemudia masuk ke pasaran negaranya tersebut melalu jalur pameran sebagai wahana memperkenalkan produknya. Jepang tertarik memasarkan produk Bagteria dan memasarkannya melalui distributor.
Bagteria tidak menjual pada konsumen akhir (end user) , dan sampai sekarang bagteria hanya menjual ke berbagai distributor. Dengan menggunakan saluran distribusi langsung, Bagteria mendistribusikan produknya dengan menggunakan distributor resmi di setiap Negara dengan mempertahankan hubungan yang berkelanjutan dengan PT. Metamorfosa abadi. Dari distributor resmi ini, distributor ini kemudian menyalurkannya ke butik – butik yang berpotensi dalam peningkatan penjualan tas Bagteria.
Menurut saya, saluran distribusi yang dijalankan oleh PT. Metamorfosa Abadi dalam naungannya untuk memproduksi Tas Bagteria yaitu dengan menggunakan Saluran Distribusi Langsung dengan mendistribusikannya kepada distributor resmi dan kemudian distributor ini menyalurkannya kepada butik-butik disetiap Negara merupakan strategi distribusi yang baik untuk dijalankan oleh perusahaan ini. Pasalnya dengan menggunakan distribusi langsung merupakan strategi distribusi yang efektif dan baik untuk diterapkan oleh PT. metamorfosa Abadi (tas Bagteria) karena dengan adanya saluran distribusi langsung perusahaan dapat langsung turun tangan dalam pendistribusian produk yang dibuatnya yaitu tas Bagteria.
Perusahaan dapat langsung menjalin kerja sama di berbagai Negara melalui distributor – distributor resmi di Negara yang merupakan tujuan untuk memasarkan produk tas Bagteria tersebut. Hal ini dibuktikan dengan adanya saluran distribusi langsung, kini Bagteria sudah terkenal di penjuru dunia. Setelah di Hongkong dan Jepang, Kini Bagteria tersebar di 30 negara termasuk Italia, Prancis, Inggris, AS, Jepang, dan Kuwait.
Dari strategi distribusi langsung ini, juga dapat membawa dampak positif bagi Negara Indonesia , karena Negara kita adalah Negara yang digunakan oleh Nancy ( pemilik) untuk memproduksi tas Bagteria yaitu di Jakarta Barat, sehingga dapat meningkatkan nilai ekspor di dalam negeri, sehinggan diharapkan dan memungkinakan Negara dalam keadaan surplus dimana nilai ekspor lebih besar dari nilai impor.

Dengan kegiatan ekspor yang dilakukan PT. Metamorfosa Abadi, diharapkan juga dapat menigkat devisa Negara serta dapat memperkenalkan produk dalam negeri di dunia internasional, sehingga Negara – Negara diluar negri semakin mengenal Negara Indonesia. Hal ini juga dapat meningkatkan kerja sama antara Negara Indonesia dengan Negara – Negara lainnya.
Manfaat lainnya dari distribusi langsung ini, dengan produksinya yang berada di dalam negeri, dapat menurunkan tingkat pengangguran, hal ini ditunjukan dengan adanya kerja sama perusahaan PT. Metamorfosa Abadi dengan pengrajin – pengrajin local di Indonesia dalam pembuatan tas Bagteria.
Tantangan dalam strategi distribusi langsung yang dilakukan adalah bagaimana perusahaan PT. Metamorfosa Abadi ini untuk meyakinkan Negara yang dituju agar mau menyalurkan produknya yaitu tas Bagteria ke Negara yang akan dijadikan tujuan untuk memasarkan produknya, kemudian bagaimana perusahaan dapat menjalin kerja sama dengan baik, dan mempertahankan kualitas produk agar barang atau produknya yaitu tas Bagteria bisa terus di ekspor ke Negara – negaradi seluruh dunia.
Kini dengan lancarnya saluran distribusi langsung yang dilakukan tas Bagteria, Nancy (pemilik) merasa bangga karena karyanya telah diterima didunia internasional. Tanah air pun sudah diapresiasi dengan baik. Bahkan sebuah merek internasional mempercayakan pengerjaan tas pada workshop miliknya. Kualitas dan kelas produk-produk Bagteria telah diapresiasi dunia fashion internasional. Bagteria telah berjaya di berbagai kiblat fashion dunia, seperti Milan, Paris, Tokyo, New York, dan lain-lain. Banyak selebritis dan sosialita dunia yang sudah menjinjing Bagteria, sebut saja Blake Lively, Emma Thompson, Anggun, Putri Zara Phillips, Paris Hilton, dan lain-lain.



KASUS ETIKA BISNIS - FIFI ELLIN - 4EA13


Nama              : FIFI ELLIN
NPM               : 12210769
Kelas               : 4EA13

KASUS MENGENAI HAK PEKERJA

Hak Pekerja Perempuan Masih Terabaikan
Koalisi yang terdiri dari serikat pekerja dan LSM menilai perlindungan hak pekerja perempuan masih minim. Pekerja perempuan masih kerap menerima tindakan kekerasan dan pelecahan yang dilakukan atasannya.
Anggota Koalisi dari Kalyanamitra, Rena Herdiyani, hal itu menimpa tak hanya pekerja yang bekerja di Indonesia tapi juga di luar negeri (TKI). Ia memperkirakan ada 70 persen dari 80ribu pekerja perempuan mengalami pelecehan seksual.
Menurut Rena, hal itu terjadi karena ketidakseimbangan relasi kekuasaan antara pengusaha dan pekerja. Walau adaSurat EdaranMenakertrans No 03 Tahun 2011 tentang Pedoman Pencegahan Pelecehan Seksual, namun pelaksanaannya dirasa belum memuaskan. "Belum ada perkembangannya sejauh mana terimplementasi," katanya dalam jumpa pers di kantor LBH Jakarta, Senin (29/4).
Anggota Koalisiyang laindari Forum Buruh Lintas Pabrik (FBLP), Wa Ampi, mengatakan di kawasan industri di KBN Cakung Jakarta, mayoritas pekerja perempuan pengetahuannya atas hak masih minim. Akibatnya, para pekerja tak tahu kalau tindakan yang dilakukan atasannya tergolong pelecehan seksual atau diskriminasi terhadap perempuan.
Kasus yang banyak terjadi yaitu pekerja perempuan dirayu atasannya untuk diajak berkencan dengan iming-iming diangkat menjadi pekerja tetap. Sebagai upaya memberi pemahaman atas hak pekerja perempuan sebagaimana diatur dalam UU Ketenagakerjaan dan peraturan lainnya, Ampi menyebut FBLP membentuk komite yang bertugas memberi pemahaman itu kepada pekerja perempuan. "Di KBN Cakung 90 persen pekerja terdiri dari perempuan," tuturnya.
Selaras dengan itu Ampi mendesak pemerintah untuk menggalakkan sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan tentang hak pekerja perempuan.Misalnya hak pekerja perempuan untuk mendapat angkutan khusus bila bekerja hingga larut malam karena lembur.
Di sisi lain, Ampi berpendapat mestinya perusahaan yang bersangkutan menjamin keselamatan pekerjanya sampai ke rumah dengan cara menyediakan angkutan. Selain itu perlu juga diberikan pemahaman kepada pekerja bagaimana mencegah terjadinya tindak kekerasan, pelecehan seksual dan diskriminasi di tempat kerja.
Senada, anggota koalisi dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), Devi Fitriana, melihat masih banyak perusahaan yang belum memenuhi hak pekerja perempuan. Misalnya, menyediakan ruangan khusus menyusui di tempat kerja. Ada pula perusahaan yang memutus hubungan kerja (PHK) seorang pekerja perempuan yang mengidap HIV/AIDS.
Selain itu Devi menilai pemerintah perlu membuat kebijakan yang mewajibkan perusahaan yang pekerjanya mayoritas perempuan untuk menyediakan klinik khusus. Misalnya, menyediakan tenaga medis khusus bidang kesehatan reproduksi perempuan dan bidan. Pasalnya, kesehatan reproduksi perempuan harus dijaga karena tergolong rentan. "Jadi pekerja perempuan bisa optimal dalam bekerja," ucapnya.
Sedangkan anggota koalisi dari AJI Jakarta, Anastasia Lilin, menyoroti PHK sepihak yang menimpa pekerja perempuan di lima perusahaan media. Ia menyebut perusahaan media tak luput dari masalah ketenagakerjaan. Selain PHK sepihak, diskriminasi terhadap pekerja perempuan sering terjadi. Misalnya, pekerja perempuan sulit menduduki jabatan strategis di perusahaan media. Akibatnya, produk-produk media masih didominasi perspektif kaum lelaki.
Soal penata laksana rumah tangga (PLRT), anggota koalisi dari Mitra Imadei, Inke Maris, mengatakan banyak anak-anak berusia 12-17 tahun bekerja di jenis pekerjaan itu. Ironisnya, pekerjaan yang dilakukan bukan hanya satu jenis, tapi banyak, mulai dari membereskan rumah, menjaga toko sampai mengurus anak majikan. Secara umum pekerjaan yang banyak itu kerap dilakukan oleh PLRT. Mengingat PLRT didominasi oleh perempuan, Inke mengatakan perlindungan pemerintah terhadap mereka sangat minim. Terutama PLRT yang masih berusia anak-anak. “Hak anak tidak mereka dapatkan seperti pendidikan dan bermain,” tukasnya.
Tak ketinggalan, anggota koalisi dari Migrant Care, Bariyah, mengatakan Indonesia termasuk negara pengirim pekerja migran terbesar. Dari seluruh pekerja migran asal Indonesia sekitar 70 persennya berjenis kelamin perempuan. Oleh karenanya, ketika ada persoalan yang menimpa pekerja migran, secara langsung bersinggungan dengan nasib perempuan. Sampai akhir 2012 Migrant Care mencatat ada 420 pekerja migran terancam hukuman mati. Salah satunya pekerja migran asal Semarang, Jawa Tengah, Satinah. Begitu pula dengan nasib tragis seorang pekerja migran yang diperkosa beramai-ramai oleh polisi Malaysia.
Mengacu berbagai persoalan pekerja migran itu Bariyah mengatakan pemerintah lamban dalam melakukan bantuan hukum. Misalnya, untuk kasus Satinah, Bariyah menyebut untuk menyelesaikannya pemerintah menyewa pengacara. Padahal, Bariyah memperkirakan hal itu tak cukup karena butuh diplomasi tingkat tinggi dengan kerajaan Arab Saudi untuk menuntaskan masalah tersebut. Hal lain yang disayangkan Bariyah, terjadinya iklan TKI di Malaysia yang intinya memberi potongan harga untuk pengguna jasa TKI.
Melihat fakta tersebut Bariyah berkesimpulan pemerintah belum serius melakukan perlindungan untuk pekerja migran. Khususnya mengimplementasikan UU No.16 Tahun 2012 tentang ratifikasi Konvensi Internasional Mengenai Perlindungan Hak Pekerja Migran dan Keluarganya. Akibatnya, perspektif pengelolaan pekerja migran yang dilakukan pemerintah cenderung mengarahkan pekerja migran hanya sebatas komoditas. Untuk memperbaiki hal tersebut Bariyah mengatakan Migrant Care berkomitmen mengawal pembahasan RUU PPILN yang saat ini sedang digodok di DPR. “Agar catatan hitam (kasus-kasus,-red) pekerja migran bisa terus menurun,” urainya.
Terpisah, Ketua bidang UKM, Wanita Pengusaha, Wanita Pekerja, Gender dan Sosial APINDO, Nina Tursinah, mengatakan sebagai organisasi pengusaha, APINDO membantu pemerintah melakukan sosialisasi tentang hak pekerja perempuan ke berbagai perusahaan. Untuk perusahaan berskala besar, Nina menyebut APINDO tak mendapat kesulitan dalam melakukan kegiatan sosialisasi tersebut.
Tapi, jika dijumpai terdapat perusahaan besar yang belum memenuhi hak pekerja perempuan seperti menyediakan angkutan khusus bagi pekerja yang pulang larut malam dan ruang menyusui menurutnya itu bukan sebuah kesengajaan. Namun, secara umum Nina mengatakan perusahaan skala besar cenderung sudah memenuhi hak pekerja perempuan sebagaimana diamanatkan peraturan yang ada dengan cukup baik.
Untuk industri di bidang Usaha Kecil Menengah (UKM), Nina mengatakan APINDO mengalami kesulitan melakukan sosialisasi. Pasalnya, sektor industri UKM sangat luas dan menyebar sampai ke daerah. Untuk memaksimalkan kegiatan itu Nina berharap pemerintah, khususnya Kemenakertrans membantu melakukan sosialisasi. Kendala lain yang kerap dijumpai dalam menyosialisasikan hak pekerja perempuan di industri UKM diantaranya berkaitan dengan terbatasnya ruangan untuk menyediakan tempat khusus untuk menyusui serta keterbatasan kemampuan untuk menyediakan transportasi.
Walau sudah melakukan kewajibannya untuk melakukan sosialisasi, namun Nina mengakui kegiatan tersebut belum dilakukan APINDO secara maksimal. Atas dasar itu, Nina mengimbau kepada seluruh pemangku kepentingan agar berbarengan mengkampanyekan pentingnya pemenuhan hak pekerja perempuan. “Memang kami belum lakukan sosialisasi secara maksimal, itu tugas kita bersama,” pungkasnya

KASUS MENGENAI IKLAN YANG TIDAK ETIS
Persaingan Yang Dilakukan Antar Operator Selular Kartu As (Simpati) Dan Xl
Beberapa tahun lalu, sebuah iklan Kartu AS yang diiklankan oleh Sule di televisi. Dalam  iklan tersebut, ia tampil seolah-olah sedang diwawancarai oleh wartawan. Kemudian ia selanjutnya berkomentar, ”Saya kapok dibohongin sama anak kecil,” ujar Sule yang disambut dengan tertawa para wartawan, dalam penampilan iklannya.

Padahal dalam iklan yang memakai Sule sebagai model langsung teringat iklan Kartu XL yang juga dibintangi Sule juga bersama Baim dan Putri Titian. Terjadilah dialog antara Sule dan Baim. “Gimana Im, Om Sule ganteng khan?” tanya Sule. “Jelek!” jawab Baim memperlihatkan muka polosnya. Kemudian Sule memberikan dua buah makanan kepada Baim dengan harapan Baim akan mengatakan ‘Sule ganteng’. 

Namun Baim masih menjawab apa ada seperti jawaban sebelumnya. “Dari pertama, Om Sule itu jelek. Dari pertama kalau Rp. 25,- XL, murahnya beneran.” jawab Baim lagi, dan seterusnya.
Satu orang muncul dalam dua penampilan iklan yang merupakan satu produk sejenis yang saling bersaing, dalam waktu yang hampir bersamaan. Jeda waktu aku menonton penampilan Sule dalam iklan di XL dan AS tidak terlalu jauh bahkan hanya dalam hitungan hari. Ada sebagian orang yang berpendapat apa yang dilakukan oleh Sule tidak etis dalam dunia periklanan. Mereka menyoroti peran Sule yang menjadi ‘kutu loncat’ ala tokoh parpol yang secara cepat berpindah kepada pelaku iklan lain yang merupakan kompetitornya. Sebagian lain berpendapat, sah-sah aja.

Namun pada prinsipnya, sebuah tayangan iklan di televisi (khususnya) harus patuh pada aturan-aturan perundang-undangan yang bersifat mengikat serta taat dan tunduk pada tata krama iklan yang sifatnya memang tidak mengikat.

Contoh Perang Iklan XL vs Telkomsel di billboard Medan
Di dalam EPI juga diberikan beberapa prinsip tentang keterlibatan anak-anak di bawah umur -apalagi Balita- seperti antara lain:
·         Anak-anak tidak boleh digunakan untuk mengiklankan produk yang tidak layak dikonsumsi oleh anak-anak, tanpa didampingi orang dewasa.
·         Iklan tidak boleh memperlihatkan anak-anak dalam adegan adegan yang berbahaya, menyesatkan atau tidak pantas dilakukan oleh anak-anak.
·         Iklan tidak boleh menampilkan anak-anak sebagai penganjur bagi penggunaan suatu produk yang bukan untuk anak-anak.
·         Iklan tidak boleh menampilkan adegan yang mengeksploitasi daya rengek (pester power) anak-anak dengan maksud memaksa para orang tua untuk mengabulkan permintaan anakanak mereka akan produk terkait (lihat halaman 34 EPI).

Manipulasi yang dimaksudkan disini adalah mempengaruhi kemauan orang lain sedemikian rupa, sehingga ia menghendaki atau menginginkan sesuatu yang sebenarnya tidak dipilih oleh orang itu sendiri. Karena dimanipulasi, seseorang mengikuti motivasi yang tidak berasal dari dirinya sendiri, tapi ”ditanamkan” dalam dirinya dari luar, tidak hanya dimanipulasi bahkan iklan dapat mempengaruhi konsumen dengan memanfaatkan faktor-faktor psikologis seperti status, gengsi, seks.

Disini perilaku konsumen di pengaruhi tapi tidak dimanipulasi. Kebebasan konsumen tidak dihilangkan, jarang terdapat masalah etis, lebih banyak bisa muncul masalah selera rendah (bad taste). Misalnya saja kasus yang terjadi pada sejumlah produsen kecantikan memanfaatkan wajah model ayu untuk iklan. Demi merangsang minat konsumen, tak jarang mereka nekat melakukan manipulasi wajah sang model yang seolah cantik sempurna berkat produk yang dipasarkan.
Seperti iklan NatureLuxe Mousse Mascara, yang mengklaim dapat melentikkan dan menambah volume bulu mata hingga dua kali kondisi normal. Iklan itu menampilkan model berparas ayu dengan penampilan bulu mata sesuai klaim. Mereka yang melihat iklan tersebut mungkin akan mengira penampilan mata sang model berkat NatureLuxe Mousse Mascara. Nyatanya, di sisi bawah iklan tersebut tertera pernyataan dalam boks kecil bahwa bulu mata sang model yang tercipta dalam gambar hasil permainan digital Photoshop.

Kemudian iklan krim antipenuaan Lancome yang dibintangi Julia Roberts dan iklan krim penutup noda Maybelline dengan model Christy Turlington. Produsen yang bernaung di bawah nama besar L'Oreal itu menampilan wajah 'palsu' Julia Roberts dalam iklan dua halaman di sejumlah majalah. Tim iklan nekat melakukan koreksi digital sedemikian rupa untuk menghilangkan keriput, yang sebenarnya tampak nyata di wajah sang bintang. Sementara tim iklan Maybelline sengaja melakukan manipulasi dengan menyekat-nyekat bagian wajah sang bintang dengan maksud menunjukkan perbandingan antara bagian yang memakai dan tidak memakai produk itu. Bagian yang memakai produk dibuat mulus, sedangkan yang tidak memakai terlihat keriput.

Melihat hal tersebut Menteri Kesetaraan Inggris, Lynne Featherstone, meminta produsen untuk jujur dalam mengiklankan produknya. Maka dalam kasus ini dapat terlihat bahwa produsen memanfaatkan teknologi yang ada untuk memanipulasi dan mempengaruhi konsumen untuk menggunakan produk yang diiklankan. Namun dalam hal ini bukanlah masalah selera yang telah dijelaskan sebelumnya, namun lebih kepada perilaku menyimpang yang dilakukan produsen yang cenderung tidak mencermikan realitas dan kejujuran.


KASUS TENTANG ETIKA PASAR BEBAS
Ditolaknya Indomie di Taiwan

Akhir-akhir ini makin banyak dibicarakan perlunya pengaturan tentang perilaku bisnis terutama menjelang mekanisme pasar bebas. Dalam mekanisme pasar bebas diberi kebebasan luas kepada pelaku bisnis untuk melakukan kegiatan dan mengembangkan diri dalam pembangunan ekonomi. Disini pula pelaku bisnis dibiarkan bersaing untuk berkembang mengikuti mekanisme pasar.

Dalam persaingan antar perusahaan terutama perusahaan besar dalam memperoleh keuntungan sering kali terjadi pelanggaran etika berbisnis, bahkan melanggar peraturan yang berlaku. Apalagi persaingan yang akan dibahas adalah persaingan produk impor dari Indonesia yang ada di Taiwan. Karena harga yang lebih murah serta kualitas yang tidak kalah dari produk-produk lainnya.

Kasus Indomie yang mendapat larangan untuk beredar di Taiwan karena disebut mengandung bahan pengawet yang berbahaya bagi manusia dan ditarik dari peredaran. Zat yang terkandung dalam Indomie adalah methyl parahydroxybenzoate dan benzoic acid (asam benzoat). Kedua zat tersebut biasanya hanya boleh digunakan untuk membuat kosmetik, dan pada Jumat (08/10/2010) pihak Taiwan telah memutuskan untuk menarik semua jenis produk Indomie dari peredaran.  Di Hongkong, dua supermarket terkenal juga untuk sementara waktu tidak memasarkan produk dari Indomie.

Kasus Indomie kini mendapat perhatian Anggota DPR dan Komisi IX akan segera memanggil Kepala BPOM Kustantinah. “Kita akan mengundang BPOM untuk menjelaskan masalah terkait produk Indomie itu, secepatnya kalau bisa hari Kamis ini,” kata Ketua Komisi IX DPR, Ribka Tjiptaning, di  Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/10/2010). Komisi IX DPR akan meminta keterangan tentang kasus Indomie ini bisa terjadai, apalagi pihak negara luar yang mengetahui terlebih dahulu akan adanya zat berbahaya yang terkandung di dalam produk Indomie.

A Dessy Ratnaningtyas, seorang praktisi kosmetik menjelaskan, dua zat yang terkandung di dalam Indomie yaitu methyl parahydroxybenzoate dan benzoic acid (asam benzoat) adalah bahan pengawet yang membuat produk tidak cepat membusuk dan tahan lama. Zat berbahaya ini umumnya dikenal dengan nama nipagin. Dalam pemakaian untuk produk kosmetik sendiri pemakaian nipagin ini dibatasi maksimal 0,15%.
Ketua BPOM Kustantinah juga membenarkan tentang adanya zat berbahaya bagi manusia dalam kasus Indomie ini. Kustantinah menjelaskan bahwa benar Indomie mengandung nipagin, yang juga berada di dalam kecap dalam kemasam mie instan tersebut. tetapi kadar kimia yang ada dalam Indomie masih dalam batas wajar dan aman untuk dikonsumsi, lanjut Kustantinah.

Tetapi bila kadar nipagin melebihi batas ketetapan aman untuk di konsumsi yaitu 250 mg per kilogram untuk mie instan dan 1.000 mg nipagin per kilogram dalam makanan lain kecuali daging, ikan dan unggas, akan berbahaya bagi tubuh yang bisa mengakibatkan muntah-muntah dan sangat berisiko terkena penyakit kanker.

Menurut Kustantinah, Indonesia yang merupakan anggota Codex Alimentarius Commision, produk Indomie sudah mengacu kepada persyaratan Internasional tentang regulasi mutu, gizi dan kemanan produk pangan. Sedangkan Taiwan bukan merupakan anggota Codec. Produk Indomie yang dipasarkan di Taiwan seharusnya untuk dikonsumsi di Indonesia. Dan karena standar di antara kedua negara berbeda maka timbulah kasus Indomie ini.

KASUS WHISTLE BLOWING
Contoh kasus di negara lain Jeffrey Wigand adalah seorang Whistle Blower yang sangat terkenal di Amerika Serikat sebagai pengungkap sekandal perusahaan The Big Tobbacoh. Perusahaan ini tahu bahwa rokok adalah produk yang gaddictivedan perusahaan ini menambahkan bahan gcarcinogenic di dalam ramuan rokok tersebut. Kita tahu bahwa gcarcinogenic adalah bahan berbahaya yang dapat menimbulkan kanker. Yang perlu diingat bahwa Whistle Blower tidak hanya pekerja atau karyawan dalam bisnis melainkan juga anggota di dalam suatu institusi pemerintahan (Contoh Khairiansyah adalah auditor di sebuah institusi pemerintah benama BPK).

Masih ingat dalam ingatan kita nama Susno Duadji yang melaporkan dan mengungkap tentang adanya mafia pajak dan skandal di tubuh kepolisian. Ia disebut-sebut sebagai sang whistle blower. Lalu bagaimana respon penegak hukum melihat fenomena tersebut? Pada perkembangan terakhir, Mahkamah Agung melalui Surat Edaran Mahkamah RI Nomor 4 Tahun 2011 memberikan terjemahan whistle blower sebagai pelapor tindak pidana yang mengetahui dan melaporkan tindak pidana tertentu dan bukan bagian dari pelaku kejahatan yang dilaporkannya. Sedangkan salah satu pelaku tindak pidana tertentu, mengakui yang dilakukannya, bukan pelaku utama dalam kejahatan tersebut serta memberikan keterangan sebagai saksi di dalam proses peradilan disebut justice collaborator.