Selasa, 23 November 2010

Tugas Ilmu Budaya Dasar


NAMA : FIFI ELLIN
KELAS : 1EA17
NPM : 12210769

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR

Bab I
1.   1. Jelaskan 3 tujuan mahasisa mempelajari IBD ?
Jawab :
 - Mengusahakan penajaman kepkaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, terutama untu kepentingan profesi mereka.
- Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan ,mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
- Mengusahakan agar mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotaan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang berpandangan kurang luas.

2.  2.  Masalah apa yang dipelajari dalam IBD ?
Jawab :
-Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya, baik dari segi masing-masing keahlian didalam pengatahuan budaya , maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
-Hakekat manusia yang satu/universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat. Dalam melihat dan menghadapi lingkungan alam,sosial dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan , akan tetapi juga ketidakseragaman yang diungkapkan secara tidak seragam, sebagaimana yang terlihat ekspresinya dalam bentuk dan corak ungkapan, pikiran dan perasaan, tingkah laku dan hasil kelakuan mereka.

3.   3.Siapakah yang di sebut manusia? Dan apapula yang dinamakan kebudayaan.
Jawab:
-Manusia dilihat dari unsure-unsur yang membangun manusia:
* Terdiri dari 4 unsur:
a. Jasad  (badan kasar manusia yang nampak luarnya dapat diraba)
b. Hayat (mengandung unsure hidup)
c. Ruh     (bimbingan dan pimpinan Tuhan)
d. nafs    (dalam pengertian diri :kesadaran tentang diri sendiri)
 * Manusia sebagai suatu kepribadian:
a. Id       (struktur kepribadian yang paling primitive dan paling tidak tampak)
b. Ego (Menghubungkan energy id ke dalam saluran sosial yang dapat dimengerti orang lain)
c. Superego (struktur kepribadian paling akhir yang terbentuk dari lingkungan eksternal

Kebudayaan  adalah  segala sesuatu  yang dihasilkan oleh akal budi (pikiran) mansia yang bertujuan untuk mengolah tanah atau tempat tinggalnya,dapat pula di artikan sebagai segala usaha manusia untuk dapat melangsungkan dan mempertahankan hidupnya di dalam lingkungannya.


BAB II

1.    1.   Jelaskan pengertian cinta kasih dan kasih sayang?
Jawab:
Cinta kasih adalah perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang dengan kepada menaruh belas kasihan .
Kasih sayang adalah perasaan sayang ,perasaan cinta ,atau perasaan suka kepada seseorang

2.   2.     Sebukan unsur-unsur kasih sayang ,bagaimana jika salah satu unsure kasih sayang hilang?
Jawab:
Sadar atau tidak sadar masing-masing pihak dituntut tanggugjawab,pengorbanan.kejujuran,saling percaya,saling pengertian,saling terbuka sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh.Bila salah unsur kasih sayang hilang,misalnya unsur  tanggung jawab maka retaklah keutuhan rumah tangga itu.Kasih sayang yang tidak disertai kejujuran,terancamlah kebahagiaan rumah tangga itu.

3.     3.  Menurut Eric fromm ada 4 syarat untuk mewujudkan cinta kasih?jelaskan!
Jawab:
a.       Pengasuhan ,contohnya cinta seorang ibu kepada anaknya,bagaimana seorang ibu dengan rasa cinta kasih sepenuh hati mengasuh anaknya.
b.      Tanggung jawab adalah sesuatu tindakan yang sama sekali suka rela yang dalam kasus hubungan ibu dan anak bayinya menunjukan penyelenggaraan atau hubungan fifik.
c.       Perhatian adalah memperhatikan bahwa pribadi lain itu hendaknya berkembang dan membuka diri sebagaimana adanya.
d.       Pengenalan  adalah keinginan untuk mengetahui rahasia manusia.

4.      4.  Jelaskan pengertian cinta agape,cinta philia,cinta amor dan cinta eros?
Jawab:
Cinta agape adalah cinta manusia kepada Tuhan.
Cinta philia adalah cinta kepada ibu ,bapak (orangtua) dan saudara.
Cita amor dan eros adalah cinta antara pria dan wanita,perbedaan cinta amor dan eros:
·         Cinta eros karena kodrati sebagai laki-laki dan perempuan,cinta amor karena unsure-unsur yang sulit dinalar,misalnya gadis normal yang cantik mencintai dan mau dinikahi seorang pemuda yang kerdil.


5.       5.Apa yang dimaksud defisiensi?
Jawab:
Defisiensi adalah kekurangan


BAB III

1.      1. Jelaskan pengertin keindahan menurut The Liang gie,Plato,dan Aristoteles?
Jawab:
The Liang gie (garis besar estetika) dalam bahasa inggris:beautiful,prancis:beau,italia dan spanyol:bello berasal dari kata latin bellum.akar katanya adalah bonum yang berarti kebaikan,kemudian mempunyai bentuk pengecilan menjadi bonellum dan terakhir di perpendek menjadi bellum.
Plato :menyebutkan tentang watak yang indah dan hukum yang indah
Aristoteles:keindahan sebagai suatu yang selain baik juga menyenangakan

2.   2.    Apa yang dimaksud dengan nilai ekstrinsik dan intrinsic suatu benda?
Jawab:
Nilai  ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya yakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu.
Nilai intrinsik adalah sifat baik dari suatu benda yang bersangkutan atau sebagai suatu tujuan ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.

3.     3.  Apa tujuan manusia menciptakan keindahan?
Jawab:
·         Tatanilai yang telah using (adat istiadat tidak sesuai lagi dengan keadaan)
·         Kemerosotan zaman  (keadaan yang merendahkan derajat dan nilai kemanusiaan/kemerosotan moral)
·         Penderitaan manusia (nafsu yang ingin berkuasa,serakah,tidak berhati-hati)
·         Keagungan Tuhan (keindahan alam dan keteraturan alam semesta)


Bab IV
1.     Sebutkan sebab-sebab tmbulnya penderitaan manusia ?
Jawab :
Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Penderitaan akan dialami semua orang dan sudah merupakan risiko hidup. Tuhan memberikan kesenangan kepada umatnya, tetapi juga memberikan penderitaan/kesedihan yang kadang – kadang bermakna agar manusia sadar untuk tidak memalingkan diri dari –Nya. Faktor yang paling menentukan adalah manusia itu sendiri  sebagai akibat nafsu, ingin berkuasa, serakah, tidak berhati-hati,dsb.

2.     Sebutkan hal-hal yang dapat menyebabka manusia mengalami kekalutan mental?
Jawab :
a.     Kepribadian yang lemah (kondisi jasmani dan mental yang kurang semprurna)
b.     Terjadi konflik sosial budaya (norma yang berbeda)
c.      Cara pematangan batin (memberikan reaksi berlebihan terhadap kehiduan sosial)

3.     Kekalutan mental pada seseorang mendorongnya kearah positif dan negatif?jelaskan?
Jawab :
Positif : trauma (luka jiwa) yang dialami dijawab secara baik sebagai usaha agar tetap survive dalam hidup. Misalka melakukan sholat tahajut waktu mala hari untuk mrmperoleh ketenangan da mencari jalan kelua untuk mengatasi kesulitan yang dihadapinya, ataupun melakukan kegiatan yang positif setelah kejatuhan dalam kehidupan.
Negatif : trauma yang dialami di perlarutkan/diperturutkan sebagai yang bersangkutan mengalami frustasi (tekana batin akibat tidak tercapainya apa yang diinginkan)

4.     Tuliskan bentuk – bentuk frustasi?jelaskanlah!
Jawab :
1.     Agresi : berupa kemarahan yang meluap-luap akibat emosi yang tidak terkendali dan secara fisik berakibat mudah terjadinya hipertensi (tekanan darah tinggi) atau tindakan sadis yang dapat membahayakan sekitarnya.
2.     Regresi : kembali pada pola reaksi yang primitive atau kekanak-kanakan (infantil) misalnya menjerit-jerit,menangis sampai meraung raung
3.     Fiksasi : pelekatan/pembatasan pada suatu pola yang sama (tetap), misalnya dengan membisu, memukul dada sendiri , membentur-benturkan kepala pada benda keras.
4.     Proyeksi : merupakan usaha melemparkan/memproyeksikan kelemahan dan sikap –sikap sendiri yang negative pada orang lain.
5.     Identifikasi : menyamakan diri dengan seseorang yang sukses dalam imaginasinya, misalnya dalam kecantikan  yang bersangkutan menyamakan diri denga bintang film, dala soal harta dan kekayaan dengan pengusaha kaya dan sukses.
6.     Narsisme : self love yang berlebihan , sehingga yang bersangkutan merasa dirinya superior disbanding orang lain.
7.     Autisme : gejala menutup diri secara total dari dunia riil, tida mau berkomunikasi dengan orng lain, ia puas dengan fantasinya sendiri yang dapat menjurus ke sifat yang sinting.

5.     Di lingkungan yang bagaimanakah kekalutan mental banyak terjadi?
Jawab :
a.     Kota –kota besar yang banyak member tantangan hidup yang berat, sehingga orang merasa di kejar-kejar dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tetapi sebaliknya sebagian orang tidak mau tahu keperluan hidupnya, sebagian orang tidak mau tahu terhadap penderitaan orang lain akibat egoism cirri masyarakat kota.
b.     Anak-anak usia muda yang tidak berhasil dalam mencapai apa yang dikehendaki atau didiam-diamkan , karena tidak berimbangnya kemampuan dengan tujuannya, sehingga pada orang –orang usia tuapun sering mengalami penderitaan dala kenyataan hidupnya akibat norma lama yang dipegang teguh tidak sesuai dengan norma baru yang tengah berlaku.
c.      Wanita lebih mudah merasakan suatu masalah yang dibawanya kedalam hati atau perasaannya, tetapi sult mengeluarkan perasaannya tersebut.
d.     Orang yang tidak beragama tidak memiliki keyakinan, bahwa diatas dirinya ada kekuasaan yang lebih tinggi ,dalam keadaan sulit orang ini mudah sekali mengalami penderitaan.
e.      Orang yang terlalu mengejar materi seperti pedagang dan pengusaha memiliki sifat ngoyo dalam memperoleh tujuan kegiatannya yaitu mencari untung sebanyak mungkin.


Bab V

1.     Jelaskan macam-macam keadilan dan sebutkan pegertiannya?
Jawab:
Keadilan adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban.
-         Keadilan legal atau keadilan moral : keadilan yang timbul karena penyatua dan penyesuaian untuk member tempat selaras kepada bagian-bagia yang membentuk suatu masyarakat. Plato berpendapat bahwa keadilan dan hukum merupakan subtansi rohani umum dari masyarakat yang membuat dan menjaga kesatuannya. Dalam suatu masyarakat yang adil setiap orag menjalankan pekerjaan yang menurut sifat dasarnya paling cocok baginya. Pendapat ini disebut keadilan moral/keadilan legal.
-         Keadilan distributif : aristoteles berpendapat bahwa keadilan akan terlaksana bilamana hal-hal yang sama diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama (justice is done when equals are treated equally)
-         Keadilan komutatif ;keadilan ini bertujuan untuk memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum.



2.     Jelaskan pengertian keadilan menurut aristoteles,plato dan Socrates?
Jawab :
·        Aristoteles : kelayakan dalam tindakan manusia
·        Plato : diproyeksikan pada diri manusia sehingga yang dikatakan adil adalah orang  yang mengendalikan diri dan perasaannya dikendalikan oleh akal
·        Socrates : memproyeksikan keadilan pada pemerintahan, eadilan tercipta bilamana warga Negara sudah merasakan bahwa pihak pemerintah sudah merasaka bahwa phak pemerintah sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.

3.     Sebutkan bermacam-macam aspek sebab orang melakuka kecurangan ditinjau dari hubungan manusia dengan alam sekitarnya?
Jawab :
Aspek ekonomi, aspek kebudayaan, aspe peradaban, da aspek teknik. Apabila empat aspek tersebut dilaksanakan secara wajar , maka segalanya akan berjalan dengan norma-norma moral atau norma hukum.
Bab VI
1.     Sebutkan pengertian pandangan hidup?
Jawab :
Pandangan hidup adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalama sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.



2.     Sebutkan 3 macam klasifikasi pandangan hidup berdasarkan asalnya ?
Jawab :
a.     Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandanga hidup yang mutlak kebenaranya
b.     Pandangan hidup yang berupa ideology yang disesuaika dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut.
c.      Pandangan hidup hasil renunga yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.

3.     Pada dasarnya pandanga hidup memiliki 4 unsur , tuliskanlah unsure-unsur tersebut?
Jawab :
4 unsur yaitu cita-cita, kebijakan, usaha, keyakinan/ kepercayaan. Keempat unsure tersebut merupakan satu rangkaian kesatuan yang tidak terpisahkan.

4.     Sebutkan  3 faktor agar seseorang dapat mencapai cita-cita?
Jawab :
Yaitu : Faktor manusia (ditentukan oleh kualitas manusianya), faktor kondisi (yang menguntungkan dan menghambat terciptanya cita-cita),faktor tingginya cita-cita


5.     Untuk mengetahui kebaikan dari 3 segi , tuliskanlah?
Jawab :
1.     Manusia sebagai makhluk pribadi, dapat menentuka sendiri apa yang baik dan apa yang buru . baik dan buruk ditentukan oleh suara hati.
2.     Manusia sebagai anggota masyarakat, maka seseorang terikat oleh suara masyarakat. Setiap masyarakat adalah kumpulan pribadi-pribadi ,sehingga setiap suara masyarakat pada hakekatnya adalah kumpula suara hati pribadi- pribadi dalam masyarakat.
3.     Manusia sebagai makhluk Tuhan, manusiapun mendengarkan suara hati Tuhan. Suara Tuhan selalu membisikkan agar manusia berbuat baik da mengelakka perbuatan yang tidak baik




6.     Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi tingkah seseorang ?
Jawab :
1.     Faktor pembawaan (hereditas) : ditentukan pada waktu seseorang dalam kandungan, diturunkan oleh orang tua.
2.     Faktor lingkungan (environment) : merupakan alam kedua yang terjadinya setelah orang anak lahir (keluarga,sekolah, masyarakat)
3.     Faktor pengalaman : yang khas yang pernah diperoleh , baik pengalaman pahit sifatnya negative, maupun pengalaman manis yang sifatnya positif memberikan kepada mansia bekal sebagai pertimbangan sebelum seseorang mengambil tindakan.

7.     Sebutkanlah urutan langkah-langkah dalam melaksanakan pandangan hidup?
Jawab :
1.     Mengenal
2.     Mengerti
3.     Menghayati
4.     Meyakini
5.     Mengabdi
6.     Mengamankan

Bab VII
1.     Sebutkan pengertian tanggung jawab ?
Jawab :        
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja

2.     Tuliskan macam – macam tanggung jawab ?
Jawab :
a.     Tanggung jawab sendiri : menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadia sebagai manusianpribadi. Dengan demikian bisa menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri
b.     Tanggung jawab kepada keluarga : menyangkut nama baik keluarga
c.      Tanggung jawab kepada masyarakat : agar dapat melangsngkan hidupnya dala masyarakat, sesuai denga kedudukannya sebagai makhluk sosial.
d.     Tanggung jawab kepada bangsa da Negara : tiap manusia ,tiap individu adalah waga Negara suatu Negara,. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang di buat Negara.
e.      Tanggung jawab kepada Tuhan : tindakan manusia tidak bias lepas dari hukuman –hukuma Tuhan yang dituangka dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama.

3.     Jelaskan pengertian pengabdian !
Jawab :
Pengabdian adalah perbuata baik yang erupa pikiran, pendapat, ataupun tenaga sebagai perwujuda kesetiaan, cinta kasih sayang, hormat, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan iklas.

4.     Kepada siapakah pengabdian itu dilakukan!
Jawab :
Kepada Tuhan



Bab VIII
1.     Jelaskan pengertian kegelisahan ?
Jawab :
Kegelisahan adalah hal ang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kwatir,tidak tenang dalam tingkah lakunya,tidak sabar, ataupun kecemasan.

2.     Sebutkan gejala-gejala seseorang mengalami kegelisahan?
Jawab :
Gejala –gejalanya, yaitu tingkah laku dan gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu biasanya,misalnya berjalan mundar mandir dalam ruang tertentu sambil menundukan kepala, duduk termenung sambil memegang kepalanya, duduk dengan wajah murung/sayu, memandang jauh ke depa sambil mengepal-ngepalkan angannya,malas bicara, dan lain-lain

3.     Menurut Sigmund freud ada 3 macam kecemasan ,tuliskanlah !
Jawab :
-         Kecemasan obyektif  adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalam dunia luar.
-         Kecemasan neoritis (syaraf) adalah kecemasan yang timbul karna pengamatan bahaya dari naluriah, yaitu kecemasan yang timbul karna penyesuaian diri dengan lingkungan(takut bayangan sendiri,takut idnya sendiri), rasa takut lain , rasa gugup, gagap, dll, dan bentuk ketakutan yang tegang dan irrasional (phobia)
-         Kecemasan moril adalah kecemasan yang disebabkan karna pribadi seseorang (iri, benci, dendam, dengki, marah, gelisah, cinta, rasa kurang)

4.     Apa yang menyebabkan orang gelisah ?
Jawab :
Yaitu karna pada hakekatnya orang takut kehilangan hak-haknya. Hal itu akibat dari suatu ancaman dari luar maupun dari dalam. Contoh bila ada suatu tanda bahay seperti banjir,gunung meletus,dll, orang aka gelisah karna bahay itu mengancam akan kehilangan hak orang sekaligus,hak milik, hak memperoleh perlindungan,dll

5.     Jelaskan cara menghilangkan kegelisahan ?
Jawab :
Pertama-tama harus dimulai dari diri kita sendiri yaitu kita harus bersikap tenang. Dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang, sehingga segala kesulitan bias diatasi.

6.     Jelaskan cara yang paling ampuh mengatasi kegelisahan ?
Jawab :
Dengan kita memasrahkan diri kepada Tuhan. Kita pasrahkan nasib kita kepada Tuhan sepenuhnya kepada –Nya. Kita harus percaya bahwa Tuhanlah Maha kuasa , Maha pengasih, Maha penyayang dan Maha pengampun.

7.     Mengapa kita menjadi gelisah ?
Jawab :
Yaitu karna orang takut kehilangan hak-haknya,dan karna suatu ancaman baik dari luar maupn dari dalam.

8.     Jelaskan sebab-sebab terjadinya ketidakpastian?
Jawab :
·        Obsesi : gejala neorosa jiwa yaitu ada pikiran/perasaan tertentu secara terus menerus. Biasanya hal-hal yang tidak menyenangkan.
·        Phobia : rasa ketakutan yang tak terkendali, tidak normal kepada suatu hal/kejadian tanda diketahui sebab-sebabnya.
·        Kompulasi : keraguan-keraguan tenang apa yang telah di kerjakan , sehingga ada dorongan yang tidak disadari melakukan perbuatan yang serupa berkali-kali.
·        Histeria : Neorosa jiwa yang disebabkan  oleh tekanan mental ,kekecewaan, pengalaman pahit yang menekan ,kelemahan syaraf,tidak mampu menguasai diri ,sugesti dari sikap orang lain.
·        Delusi : pikiran yang tidak beres, karna berdasarkan suatu keyakinan palsu tidak memakai akal sehat , tidak ada dasar kenyataan, tidak  sesuai dengan pengalaman.
·        Halusinasi : khayalan yang terjadi tanpa rangsangan panca indera.
·        Keadaan emosi : sikapnya dapat apatis/terlalu gembira dengan gerakan lari-larian, ketawa dan berbicara, dapat pula kesedihan menekan, tidak bernafsu, tidak bersemangat,gelisah resah, suka mengeluh.

9.     Delusi ada 3 macam, jelaskan ?
Jawab :
a.     Delusi persekusi : menganggap keadaan sekitarnya jelek .tidak mngenal tetangga kiri kanan karna menganggap jelek.
b.     Delusi  keagungan : menanggap dirinya orang penting dan besar. Gila hormat, orang-orang disekitarnya dianggap tidak penting. Akhirnya semua orang menjauh juga.
c.      Delusi melancholis : merasa dirinya bersalah , hina, dan berdosa hal ini dapat menyebabkan buyuten/delirium treatment (hilangnya kesadaran dan menyebabkan otot-otot tak berkuasa lagi)




10.                        Jelaskan perbedaan delusi dan halusinasi ?
Jawab :
Delusi : pikirannya tidak beres, karna keyakinan yang palsu. Tidak memakai akal sehat, tidak atas dasar kenyataan/tida sesuai pengalaman , sedangkan
Halusinasi : khayalan yan terjadi tanpa rangsangan panca indera. Dengan sugesti orang dapat dapat juga berhalusinasi. Halusinasi buatan (pemabuk/pemakai obat bius), kadang-kadang karna halusinasi orang merasa mendapat tekanan-tekanan terhadap dorongan-dorongan itu menemukan sasarannya.


Bab IX

1.     Jelaskan pengertian harapan?
Jawab :
Harapan adalah keinginan  supaya sesuatu terjadi, sehingga harapan berarti sesuatu yang diinginkan dapat terjadi. Harapa menyangkut masa depan.

2.     Apa persamaan harapan dan cita-cita?
Jawab :
-          keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud
-         Pada umumnya dengan cita-cita maupun harapan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat.

3.     Apa perbedaan cita-cita dan harapan?
Jawab :
Harapan mengandung pengertian tidak terlalu muluk, sedangkan cita-cita pada umumnya perlu setinggi bintang.

4.     Jelaskan yang mendorong manusia mempunyai harapan ?
Jawab :
Dorongan kodrat (sifat, keadaan, pembawaan alamiah yang sudah terjelma dalam diri manusia itu diciptakan, misalnya menangis , gembira, berjalan , berkata, mempunyai keturunan, dsb.

Dorongan kebutuhan hidup, sudah kodrat pula bahwa manusia mempunyai bermacam – macam kebutuhan hidup yaitu kebutuhan jasmani dan rohani.

5.     Jelaskan pendapat Abraham maslow mengenai kodrat harapan manusia
Jawab :
a.     Kelangsungan hidup (survival) : manusia membutuhkan sandang, pangan, dan papan.
b.     Keamanan : setiap orang membuuhkan keamanan
c.      Hak dan kewajiban mencntai dan dicintai : tiap orang memiliki hak dan kewajiban. Dengan pertumbuhan manusia maka tumbuh pula kesadaran antara hak dan kewajiban.

6.     Jelaskan 3 teori kebenaran?
Jawab :
1.     Teori koherensi atau konsistensi  : suatu pernyataan yang dianggap benar bila pernyataan itu bersifat koherensi/konsisten dengan pernyataan-pernyataan sebelumnya yang dianggap benar. Contoh :setiap manusia akan mati. Paul manusia. Paul akan mati.
2.     Teori  korespondensi : suatu teori yang mejaanka bahwa suatu pernyataan benar bila materi pengetahuan yang di kandung pernyataan itu berkorenponden (berhubungan) dengan objek yang dituju oleh pernyataan tersebut. Contoh : Jakarta ibukota republic Indonesia .
3.     Teori pragmatis : kebenaran suatu pernyataan yang diukur dengan criteria apakah pernyataan tersebut bersifat fungsional dalam kehidupan praktis.

7.     Dihubungkan dengan harapan, jelaskan maksud pepatah “seperti pungguk merindukan bulan”?
Jawab :
Maksud pepatah tersebut adalah menginginkan sesuatu yang tidak mungkin, berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha seseorang yang mempun yai harapan.

8.     Bagaimana cara harapan/keinginan dapat terwujud?
Jawab :
Usaha orang yang punya harapan,tergantung pada pengetahuan ,pengalaman, lingkungan,kemampua masing-masing, harus berdasarkan kepercayaan diri sendiri dari Tuha Yang Maha Esa,dan dengan usaha dan doa.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar