Senin, 06 Januari 2014

TULISAN ETIKA BISNIS 1 - STRATEGI DISTRIBUSI


Nama                   : FIFI ELLIN
Kelas                    : 4EA13
NPM                    : 12210769

STRATEGI DISTRIBUSI

JENIS PRODUK                   : TAS “BAGTERIA” dalam naungan PT. Metamorfosa Abadi
NEGARA YANG DITUJU   : HONGKONG
 

SEKILAS TENTANG TAS “BAGTERIA” :
            Anda yang melafalkan Bagteria mungkin baru pertama kalinya mendengar ada tas tangan produk Indonesia dimiliki oleh orang Indonesia juga tapi bergaung diantara para artis yang berlenggok diatas karpet merah Hollywood. Paris Hilton, Emma Thompson dan Anggun C. Sasmi hanya sederet nama pengguna tas tangan Bagteria. Tersebar disekitar 30 negara, Bagteria terdistribusikan. . Mengapa disebut Bagetria? BAGTERIA nama pemberian suami sang pemilik yaitu Nancy Go dan Bert ng..Supaya kesannya humor saja.Mudah-mudahan seperti bakteri yang mewabah.PT. Metamorfosa Abadi menjadi perusahaan yang menaungi Bagteria.
            Semuanya bermula dari kesenangan Nancy membuat kerajinan tangan seperti sulam menyulam dan merajut.Misi mereka berdua sebetulnya adalah ingin mengenalkan produk Indonesia ke kalangan internasional.Bagteria mulai diproduksi sejak tahun 2000.Jumlah karyawan saat itu hanya 5 orang.Mereka menyewa satu rumah untuk produksi yang terletak diseberang rumah mereka.
Akhirnya rumah produksi bertambah menjadi tiga, berdiri berderetan. Karena produksi bertambah dan semakin banyak orang tertarik, mau tak mau Bagteria perlu mendapatkan display tempat yang lebih pantas. Baru pada akhir tahun 2000, PT. Metamorfosa Abadi, perusahaan yang menaungi Bagteria membuka butik di Plaza Senayan.Sekarang butik di Plaza Senayan sudah ditutup dan digantikan butik di Plaza Indonesia dan Alun-Alun Indonesia, Grand Indonesia.Semua produk didesain oleh Nancy sendiri. Namun seiring berkembanganya produk, Nancy membentuk tim desain.
Hongkong merupakan destinasi awal Bagteria dipasarkan. Kenapa Hongkong? Untuk pasaran fashion di Asia pakarnya adalah Hongkong, mereka tidak mempunyai kenalan siapapun di luar negeri, pemilik meyakinkan terhadap pencapaiannya pada jalur internasional.

PEMBAHASAN :
            Berdasarkan materi – materi dan teori yang telah disampaikan diatas mengenai saluran distribusi di luar negeri, yaitu konsentrasi saluran distribusi disini adalah pada perusahaan PT. Metamorfosa Abadi yang dalam naungannya memproduksi Tas bermerek “ Bagteria ” dengan strategi distribusi yang dipilih adalah dengan menggunakan Saluran Distribusi Langsung yaitu dengan adanya distributor resmi di setiap Negara yang menjadi tujuan.
Dengan memasukkan Bagteria ke berbagai distributor yang tersebar diberbagai benua. PT. Metamorfosa hanya menjual pada distributor. Distributor inilah yang akan menyalurkannya pada butik butik di Negara tersebut.
PT. Metamorfosa abadi dalam naungannya pada produk tas Bagteria memilih Hongkong sebagai Negara yang dituju, karena untuk pasaran fashion di Asia pakarnya adalah Hongkong atau dengan kata lain Hongkong sebagai kiblat fashion di Asia. Pada awalnya Nancy go sang pemilik beserta suaminya tidak mempunyai kenalan siapapun di Hongkong, namun dengen pengetahuan mereka terhadap butik mana saja yang berpotensi untuk penjualan Bagteria, maka mereka bisa bekerja sama dan memasukkan Bagteria di butik sekaligus sebagai distributor resmi di Hongkong.
Di Hongkong, ia memilih salah satu distributor sebagai master franchise yang menyebarkan Bagteria ke butik – butik pilihan.
Dengan memilih Negara Hongkong sebagai pilihan awal untuk memasarkan produknya merupakan pilihan yang tepat, karena setelah produk Bagteria masuk ke Hongkong, banyak order berdatangan dari Negara lainnya, yaitu Jepang. Jepang tertarik dengan produk Bagteria yang kemudia masuk ke pasaran negaranya tersebut melalu jalur pameran sebagai wahana memperkenalkan produknya. Jepang tertarik memasarkan produk Bagteria dan memasarkannya melalui distributor.
Bagteria tidak menjual pada konsumen akhir (end user) , dan sampai sekarang bagteria hanya menjual ke berbagai distributor. Dengan menggunakan saluran distribusi langsung, Bagteria mendistribusikan produknya dengan menggunakan distributor resmi di setiap Negara dengan mempertahankan hubungan yang berkelanjutan dengan PT. Metamorfosa abadi. Dari distributor resmi ini, distributor ini kemudian menyalurkannya ke butik – butik yang berpotensi dalam peningkatan penjualan tas Bagteria.
Menurut saya, saluran distribusi yang dijalankan oleh PT. Metamorfosa Abadi dalam naungannya untuk memproduksi Tas Bagteria yaitu dengan menggunakan Saluran Distribusi Langsung dengan mendistribusikannya kepada distributor resmi dan kemudian distributor ini menyalurkannya kepada butik-butik disetiap Negara merupakan strategi distribusi yang baik untuk dijalankan oleh perusahaan ini. Pasalnya dengan menggunakan distribusi langsung merupakan strategi distribusi yang efektif dan baik untuk diterapkan oleh PT. metamorfosa Abadi (tas Bagteria) karena dengan adanya saluran distribusi langsung perusahaan dapat langsung turun tangan dalam pendistribusian produk yang dibuatnya yaitu tas Bagteria.
Perusahaan dapat langsung menjalin kerja sama di berbagai Negara melalui distributor – distributor resmi di Negara yang merupakan tujuan untuk memasarkan produk tas Bagteria tersebut. Hal ini dibuktikan dengan adanya saluran distribusi langsung, kini Bagteria sudah terkenal di penjuru dunia. Setelah di Hongkong dan Jepang, Kini Bagteria tersebar di 30 negara termasuk Italia, Prancis, Inggris, AS, Jepang, dan Kuwait.
Dari strategi distribusi langsung ini, juga dapat membawa dampak positif bagi Negara Indonesia , karena Negara kita adalah Negara yang digunakan oleh Nancy ( pemilik) untuk memproduksi tas Bagteria yaitu di Jakarta Barat, sehingga dapat meningkatkan nilai ekspor di dalam negeri, sehinggan diharapkan dan memungkinakan Negara dalam keadaan surplus dimana nilai ekspor lebih besar dari nilai impor.

Dengan kegiatan ekspor yang dilakukan PT. Metamorfosa Abadi, diharapkan juga dapat menigkat devisa Negara serta dapat memperkenalkan produk dalam negeri di dunia internasional, sehingga Negara – Negara diluar negri semakin mengenal Negara Indonesia. Hal ini juga dapat meningkatkan kerja sama antara Negara Indonesia dengan Negara – Negara lainnya.
Manfaat lainnya dari distribusi langsung ini, dengan produksinya yang berada di dalam negeri, dapat menurunkan tingkat pengangguran, hal ini ditunjukan dengan adanya kerja sama perusahaan PT. Metamorfosa Abadi dengan pengrajin – pengrajin local di Indonesia dalam pembuatan tas Bagteria.
Tantangan dalam strategi distribusi langsung yang dilakukan adalah bagaimana perusahaan PT. Metamorfosa Abadi ini untuk meyakinkan Negara yang dituju agar mau menyalurkan produknya yaitu tas Bagteria ke Negara yang akan dijadikan tujuan untuk memasarkan produknya, kemudian bagaimana perusahaan dapat menjalin kerja sama dengan baik, dan mempertahankan kualitas produk agar barang atau produknya yaitu tas Bagteria bisa terus di ekspor ke Negara – negaradi seluruh dunia.
Kini dengan lancarnya saluran distribusi langsung yang dilakukan tas Bagteria, Nancy (pemilik) merasa bangga karena karyanya telah diterima didunia internasional. Tanah air pun sudah diapresiasi dengan baik. Bahkan sebuah merek internasional mempercayakan pengerjaan tas pada workshop miliknya. Kualitas dan kelas produk-produk Bagteria telah diapresiasi dunia fashion internasional. Bagteria telah berjaya di berbagai kiblat fashion dunia, seperti Milan, Paris, Tokyo, New York, dan lain-lain. Banyak selebritis dan sosialita dunia yang sudah menjinjing Bagteria, sebut saja Blake Lively, Emma Thompson, Anggun, Putri Zara Phillips, Paris Hilton, dan lain-lain.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar