Jumat, 29 November 2013

TULISAN ETIKA BISNIS - STRATEGI PRODUK BARU ERA GLOBALISASI



Nama              : FIFI ELLIN
NPM               : 12210769
Kelas               : 4EA13


STRATEGI MEMASARKAN PRODUK BARU DI ERA GLOBALISASI

Era globalisasi telah membawa dampak bagi perkembangan perekonomian di dunia bahkan di Indonesia. Hal yang paling sulit dilakukan perusahaan adalah ketika memproduksi produk baru dan bagaimana cara untuk memperkenalkan serta menginfomasikannya hingga sampai ke masyarakat. Berbagai macam strategi harus dijalankan perusahaan guna kelancaran dalam memasarkan produknya.
Strategi menjual atau jualan produk baru, Produk baru yang dimaksud dalam artikel ini adalah produk atau barang yang baru ditawarkan dipasaran. Dengan demikian produk atau barng yang dijual belum banyak dikenal oleh konsumen atau bahkan belum dikenal oleh Masyrakat umum. Untuk itu diperlukan strategi atau cara menjual yang berbeda namun jitu agar barang bisa diserap dipasaran secara optimal.
Ada beberapa kendala dalam menjual atau memasarkan produk baru, yaitu bagaimana produk baru bisa sampai kepada masyarakat dan bagaimana strategi – strategi yang digunakan dapat berjalan dengan baik sehingga perusahaan dapat beroleh keuntungan. Namun sebagai penjual kita selalu dituntut bisa menjual produk atau barang baru tersebut. Dalam hal ini, Tentu tidak mudah dan tidak akan optimal jika mengikuti atau menggunakan strategi penjualan umum yang biasa dilakukan oleh merek produk atau barang yang sudah mempunyai nama serta sudah dikenal oleh masyarakat atau konsumen secara umum.
Dalam era globalisasi yang semakin pesat saat ini, perusahaan dituntut untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan teknologi saat ini. Media cetak pun sudah mulai menurun bahkan hamper terabaikan oleh kemajuan media elektronik yaitu internet. Oleh sebab itu saat ini dibutuhkan cara – cara pemasaran yang baik digunakan dalam era globalisasi saat ini, yaitu sebagai berikut :




1.      Membuat Jejaring Social (Social Media) Di Dunia Maya
Jejaring social saat ini begitu pesat pertumbuhannya, yaitu seperti twitter, facebook, path, instagram, dan lain – lain telah meramaikan dunia maya di dunia, bahkan membawa dampak yang cukup besar bagi Indonesia. Banyaknya social media yang diikuti pengguna dari media – media social yang ditawarkan, juga membawa dampak bagi indsustri perekonomian khususnya di Indonesia.
Keuntungan memakai jejaring social adalah pemasaran yang digunakan gratis, tidak mengeluarkan biaya, hanya menggunakan biaya dalam pemakaian internet. Kemudian dapat diakses secara mudah, yaitu di handphone atau smartphone, sehingga dapat berkomunikasi secara cepat dan mudah. Dengan manfaat yang diberikan dari jejaring social dengan membagikan foto, video, serta berita berita yang menarik guna menarik perhatian calon konsumen. sehingga diharapkan dengan adanya media social masyarakat yang ada dalam era globalisasi saat ini bisa dengan mudah mendaoat informasi produk – produk baru yang telah dibuat perusahaan.

2.    Membuat sebuah artikel atau berita menarik
Buatlah sebuah berita yang berisi konten yang menjelaskan secara detail dan rinci tentang bisnis Anda yang mebuat produk baru, dan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari yang lain atau dengan kata lain memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan produk lain. Kemudiuan menargetkan di seluruh surat kabar yang dinilai relevan dengan bisnis Anda, dan jangan berhenti sampai disitu. Buatlah juga dalam website, majalah, dan radio yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan, sehingga diharapkan masyarakat dapat mengetahui produk yang baru kita buat dan berpotensi untuk membeli produk kita
3.   Membuat sebuah website atau alamat dengan situs resmi
Untuk membuat sebuah bisnis yang ingin berkembang dan sukses dan agar produk yang baru dibuat dapat disampaikan dengan baik kepada masyarakat, sangat perlu dibuat sebuah Website atau Blog. hal pertama yang dilakukan calon pembeli saat ingin membeli sebuah produk adalah mencarinya lewat Google yaitu di www.google.com .kemudian buatlah website tentang bisnis yang anda buat serta rincian yang jelas mengenai produk baru yang anda buat, lalu dari sebuah Website yang menarik dapat membuat bisnis Anda terlihat profesional, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. sosial media yang Anda gunakan juga harus terhubung dengan Website Anda. Sehingga dari website atau blog yang anda buat, dapat membuat citra dan kesan tersendiri yang tercermin dari perusahaan anda, dan produk baru yang anda buat dapat terinformasikan dengan baik kepada masyarakat.
4.   Memberikan ciri khas tersendiri pada produk yang dibuat
Tawarkanlah pada masyarakat tentang manfaat dari produk dengan memberikan kualitas terbaik dan ciri khas tersendiri dari produk yang baru dibuat, serta slogan – slogan atau motto tertentu agar produk mudah di ingat oleh konsumen

5.   Membuat event – event tertentu
Perusahaan yang baru membuat produk baru, diharapkan dapat membuat event – event  tertentu guna menarik masyarakat. Dengan menggunakan tenaga penyanyi – penyanyi atau selebritis yang sudah dikenal masyarakat dan menjualnya dengan menggunakan tenaga promosi penjualan

6.    Menggunakan tenaga kerja langsung
Dengan menggunakan tenaga kerja langsung seperti SPG (Sales Promotion Girl)  yang turun langsung kepada calon konsumen untuk menawarkan serta memperkenalkan kepada masyarakat tentang produk baru yang dibuat dalam bisnis anda. SPG digunakan pada perayaan atau event-event  tertentu di tempat keramain dengan menggunakan brosur atau hadiah souvenir tertentu. Dengan menggunakan biaya untuk upah dari seorang SPG per harinya. Sehingga diharapkan masyarakat dengan mudah mengetahui produk baru tersebut.

7.   Membuat iklan di Televisi
Buatlah iklan – iklan di televise dengan menarik dan memiliki ciri khas tersendiri. Dengan penyampaian yang menggunakan tokoh yang sudah dikenal masyarakat, slogan – slogan yang mudah di ingat. Sehingga dapat membangun citra produk yang baru dibuat

Demikian tips – tips yang saya sampaikan guna memasarkan produk baru dalam era globalisasi saat ini semoga dapat bermanfaat. Terima kasih J J

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar