NAMA : FIFI ELLIN
KELAS : 3EA13
NPM : 12210769
TUGAS BAHASA INDONESIA 2 (SOFTSKILL) MEMBUAT PROPOSAL
PROPOSAL 1 :
USULAN
PROPOSAL MANAJEMEN
JUDUL PENELITIAN
ANALISIS
PEMBENTUKAN PORTOFOLIO PADA PERUSAHAAN
PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG
TERCATAT DALAM INDEKS LQ 45 DI BURSA EFEK INDONESIA
UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2012/2013
APRIL 2013
a. Identitas
Penelitian
1. Judul Usulan : ANALISIS
PEMBENTUKAN PORTOFOLIO PADA DUA SEKURITAS DALAM PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL
ESTATE DALAM LQ 45
2. Nama Mahasiswa : Fifi Ellin
3. Topik
Penelitian : Menganalisis
4. Objek
Penelitian : Alam Sutra Reality
Tbk (ASRI), Sentul City Tbk (BKSL),
5. Lokasi Penelitian :
Bursa Efek Indonesia
b. ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
tingkat keuntungan dan risiko dari masing-masing sekuritas, mengetahui tingkat
keuntungan yang diharapkan dan risiko pada portofolio yang dibentuk dari lima
sekuritas dan memberikan
gambaran suatu pemilihan portofolio efisien dari portofolio yang dibentuk.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tingkat keuntungan (expected return) dan tingkat resiko (standar
deviasi) yang dihasilkan dari setiap portofolio yang
dibentuk.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang
didapat catatan
laporan tertulis yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia seperti yahoo
finance dan idx. Data yang diperoleh merupakan harga penutupan (closing price)
tiap bulannya.
Hasil akhir yang diharapkan pada penelitian ini adalah
Kata Kunci : Portofolio
yang efisien, Pembentukan portofolio
c. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Investasi
merupakan penanaman sejumlah dana dalam bentuk uang ataupun barang yang
diharapkan akan memberikan hasil yang lebih dimasa yang akan datang, baik
secara langsung maupun tidak langsung, baik jangka pendek maupun jangka panjang
dengan tujuan untuk memperoleh penghasilan di masa yang akan datang, sehingga
dapat meningkatkan nilai dari asset/kekayaan.
Dalam
setiap kegiatan investasi, hampir semua investasi mengandung unsur
ketidakpastian atau risiko. Untuk mengurangi risiko yang mungkin timbul, sebaiknya
investor mengenal terlebih dahulu perusahaan yang sahamnya akan dibeli. Hal
tersebut dikarenakan investor pada umumnya merupakan pihak yang sangat tidak
menyukai resiko tetapi menginginkan return yang maksimal, untuk itulah dewasa
ini, investasi di sektor property
menjadi primadona di kalangan investor, karena menjanjikan tingkat return yang
lebih tinggi. Dengan melakukan analisis portofolio, maka akan membantu investor
dalam mengambil keputusan untuk menentukan portofolio efisien yang mempunyai
tingkat keuntungan yang diharapkan terbesar dengan resiko tertentu, atau yang
mempunyai resiko terkecil dengan tingkat keuntungan yang diharapkan tertentu
dari portofolio yang dibentuk. Hasil dari analisis ini dapat digunakan untuk
pembentukan portofolio investasi. Analisis terhadap saham harus dilakukan
dengan teliti, terutama mengenai tingkat pengembalian dan risiko. Dengan
adanya analisis, diharapkan dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan.
Keputusan yang tepat akan dapat memberikan hasil yang optimal.
1.2 Tujuan Khusus
Teori
porofolio berhubungan dalam pemilihan portofolio yang memaksimalkan
pengembalian yang diharapkan sesuai dengan tingkat resiko yang dapat diterima.
Agar dapat mengetahui dan menganalisis tingkat keuntungan yang diharapkan dan risiko
dari portofolio yang dibentuk dari kelima sekuritas tersebut.
1.3 Urgensi Penelitian Skripsi Manajemen
Keutamaan
penelitian ini adalah memecahkan persoalan/menganalisis tingkat keuntungan yang
diharapkan dan tingkat resiko dari perusahaan sekuritas tersebut.
2.TELAAH PUSTAKA
1. Ratna Sari (2009) Analisis
Pembentukan Portofolio Dari Tiga Sekuritas Perusahaan Yang Tercatat Sebagai Indeks LQ45 Periode Februari-Juli
2009 Pada BEI
Dari
hasil pengaplikasian model Markowitz dalam analisis portofolio dengan
menggunakan komposisi pembentukan portofolio 1 sampai dengan pembentukan
portofolio ke-9 didapat kesimpulan bahwa sesuai dengan definisi dari portofolio
efisien yaitu portofolio yang dapat memberikan return ekspektasi terbesar
dengan risiko tertentu maka dari kesembilan portofolio yang dibentuk terdapat
dua pembentukan portofolio efisien yaitu sebagai berikut :
a).
Dilihat
berdasarkan Return Ekspektasi Terbesar
Portofolio
ke-1 dengan proporsi saham Indosat 25%, Indofood sukses makmur 25%, dan saham
Indocement Tunggal Prakarsa 50% mempunyai return ekspektasi terbesar sebesar
0,017195 dengan risiko sebesar 0,10907.
b).
Dilihat
berdasarkan nilai terkecil
Portofolio
ke-3 dengan proporsi saham Indosat 50%, Indofood sukses makmur 25%, dan saham
Indocement Tunggal Prakarsa 25% mempunyai nilai terkecil sebesar 0,09428 dengan
return ekspektasi sebesar 0,0123.
2.1 MANFAAT PENELITIAN
Adapun manfaat dalam
penelitian ini adalah :
1.
Bagi
Investor
Dapat
dijadikan informasi bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di perusahaan
yang bergerak dalam bidang perbankan.
2.
Bagi
Peneliti
Dapat
dijadikan acuan bagi para peneliti selanjutnya yang ingin membahas atau
meneliti mengenai portofolio investasi.
3. Bagi
Manajemen Perusahaan
Dapat dijadikan pertimbangan dalam pengelolaan
investasi saham di Indonesia.
3. METODE PENELITIAN
Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu dengan Markowitz.
3.1 Data dan Variabel Penelitian
Variabel yang digunakan pada
penelitian ini adalah return dan risk. Return adalah tingkat keuntungan yang
diharapkan dari suatu investasi. Sedangkan risk adalah tingkat resiko yang
diterima oleh investor dari suatu investasi. Atau dengan kata lain dapat
diartikan sebagai kemungkinan tingkat keuntungan yang diperoleh menyimpang dari
tingkat keuntungan dari tingkat keuntungan yang diharapkan.
.
3.2 Teknik
Analisis Data
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nilai yang Diharapkan atau Tingkat Keuntungan
Rata-rata, Tingkat
Resiko Saham, Koefisien
Korelasi, Menentukan Proporsi Investasi, Tingkat Keuntungan yang Diharapkan dan
Resiko Portofolio.
3.3
Tahapan Kegiatan Penelitian
Berikut ini adalah tabel uraian kegiatan penelitian
yang akan dilakukan.
URAIAN
KEGIATA
Uraian
Kegiatan
|
Bulan
|
|||||||||||
Persiapan
Awal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
a. Diskusi dengan
Dosen pembimbing
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Tahap Persiapan
penelitian skripsi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Data
dan Analisis
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
c. Pengumpulan
referensi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Penyusunan
instrumen survey dan kuesioner
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Persiapan survey
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
f. Pelaksanaan survey
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
g. Kompilasi dan
pengolahan data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
h. Analisis data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
i. Penyusunan draft
skripsi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
j. Presentasi skripsi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
k. Penyempurnaan
/revisi skripsi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DAFTAR PUSTAKA
PROPOSAL 2 :
ANALISIS
PENGARUH KEGIATAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN YAMAHA MANDIRI
LUAS JAYA , BEKASI
Disusun
oleh
Nama :
Fifi Ellin
Kelas :
3EA13
NPM : 12210769
Fakultas/jurusan : Ekonomi/Manajemen
UNIVERSITAS
GUNADARMA
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Kegiatan promosi bukan saja berfungsi sebagai
alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, malainkan juga sebagai alat
untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian / penggunaan jasa sesuai
dengan keinginan dan kebutuhannnya.
Suatu kegiatan promosi yang terdiri dari lima
variabel bauran promosi yang meliputi variabel periklanan (advertising),
promosi penjualaan (sales promotion), hubungan masyarakat (public
relation), pemasaran langsung (direct marketing) dan penjualan
pribadi (personal selling) jika dilaksanakan secara efektif dapat
mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk yang dipromosikan itu
Salah satu faktor untuk memasarkan produk adalah promosi, sebab tanpa promosi maka banyak konsumen yang tidak
mengetahui akan keberadaan barang tersebut. Promosi secara kontinue dimaksudkan
untuk memaksimalkan penjualan produk pada oleh karena itu penulis mengambil judul : “ PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN
PENJUALAN PADA YAMAHA MANDIRI LUAS JAYA, BEKASI”
1.2 Rumusan
Masalah
1.2.1
Rumusan
Masalah
Bagaimana
pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan motor Yamaha pada Yamaha
Mandiri Motor?
1.2.2
Batasan
Masalah
Pembahasan masalah dalam penulisan ilmiah ini
disesuaikan dengan topik yang dipilih oleh penulis. Penulis membatasi
pembahasan masalah pada kegiatan promosi, biaya promosi dan hasil penjualan
motor pada Yamaha Mandiri Luas Jaya dengan mengambil data penjualan tahun 2008
– 2012 dengan menggunakan metode analisis regresi korelasi.
1.3 Tujuan
Penelitian
Untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap
perkembangan volume penjualan Motor Yamaha pada Yamaha Mandiri Luas Jaya Bekasi
yang selama ini diterapkan.
1.4 Manfaat
Penelitian
1.4.1
Bagi
Akademis
1.4.2
Bagi
Peneliti
1.4.3
Bagi
Perusahaan
1.5 Metodologi
Penelitian
1.5.1
Objek
Penelitian
Nama
: Yamaha Mandiri Luas Jaya
Alamat
: Duren Jaya , Bekasi
Objek yang akan diteliti disini mengenai
pengaruh promosi yang dilakukan suatu badan usaha guna meningkatkan penjualan.
Data/Variabel
a.
Kegiatan promosi
b.
Bauran promosi
c.
Penjualan
1.5.2
Metode
Pengumpulan Data
a.
Study Pustaka
Teknik
pengumpulan data di dapat dari referensi-referensi buku, dan materi
yang dipelajari saat perkuliahan.
b.
Study Lapangan
Wawancara
dengan melakukan tanya jawab pada pihak-piak yang terkait.
Observasi
dengan pengamatan langsung
terhadap objek penelitian.
1.6 Alat Analisis
Alat analisis yang digunakan adalah metode Analisi
regresi korelasi berganda.
BAB
II LANDASAN TEORI
2.1
Kerangka teori
2.1.1 Pengertian Promosi
Promosi
merupakan cara berkomunikasi yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendorong
atau menarik calon konsumen agar membeli produk atau jasa yang dipasarkan dan
dapat juga disimpulkan bahwa promosi merupakan suatu alat komunikasi yang
bersifat membujuk, agar konsumen mau membeli produk yang ditawarkan
2.1.2
Fungsi Promosi
Adapun fungsi dari promosi
yaitu:
1. Mencari
dan mendapatkan perhatian dari calon pembeli. Perhatian calon pembeli harus
diperoleh, karena merupakan titik awal proses pengambilan keputusan di dalam
membeli suatu barang dan jasa.
2. Menciptakan
dan menumbuhkan interest pada diri calon pembeli. Perhatian
yang sudah diberikan oleh seseorang mungkin akan dilanjutkan pada tahap
berikutnya atau mungkin berhenti. Yang dimaksudkan dengan tahap berikutnya ini adalah
timbulnya rasa tertarik dan rasa tertarik ini yang akan menjadi fungsi utama
promosi.
3. Pengembangan
rasa ingin tahu (desire) calon pembeli untuk memiliki barang yang
ditawarkan. Hal ini merupakan kelanjutan dari tahap sebelumnya. Setelah seseorang
tertarik pada sesuatu, maka timbul rasa ingin memilikinya. Bagi calon pembeli
merasa mampu (dalam hal harga, cara pemakaiannya, dan sebagainya), maka rasa
ingin memilikinya ini semakin besar dan diikuti oleh suatu keputusan untuk
membeli.
2.1.3
Fungsi Promosi
Tujuan utama dari promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi
dan membujuk, serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang perusahaan dan
bauran pemasarannya
2.1.4 Strategi Promosi
2.1.5 Bauran Promosi
2.2
Alat Analisis
2.3
Rumus-Rumus Metode Analisis Korelasi yang digunakan
2.4
Kajian Penelitian Terdahulu
BAB
III METODE PENELITIAN
3.1
Objek Penelitian
3.2
Data/Variabel
3.3
Metode Pengumpulan Data
3.4
Alat Analisis yang digunakan
BAB
IV PEMBAHASAN
4.1 Profil dan Struktur Organisasi
objek penelitian
4.1.1 Struktur Organisasi
Perusahaan
4.1.2 Job Description
4.2
Data yang digunakan
4.3
Rangkuman Hasil Penelitian
BAB
V
5.1
Kesimpulan
5.2
Saran
Daftar
Pustaka
Lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar