Senin, 28 Februari 2011

TI C

MAKALAH ILMIAH KOMPUTER DAN TI 2C

“Internet ”









Disusun oleh:

Annis Sabila (10210905)
Fifi ellin (12210769)
Rini oktavia (15210992)
Popien meina L (15210349)
Septi hardianti (16210451)


Kelas 1EA17
Universitas Gunadarma Kalimalang
Fakultas Ekonomi Manajemen S1




KATA PENGANTAR


Puji dan syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya kami dimampukan untuk dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ internet” ini.
Makalah ini bertujuan untuk memberi informasi kepada para pembaca tentang sejarah internet, manfaat internet, layanan-layanan internet serta semua hal sesuai dengan tema yang terkait. Makalah ini juga dirangkum sedemikian rupa sehingga pembaca dapat lebih mudah dalam memahami setiap isi di dalamnya.
Kami berharap semoga makalah ini dapat berguna bagi semua orang. Tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam terselesaikannya makalah ini.
Tak ada gading yang tak retak, sama halnya makalah ini masih terdapat banyak kekurangan didalamnya. Oleh karena itu, Kritik dan saran sangat kami butuhkan untuk kebaikan makalah selanjutnya.










Penulis




BAB I
PENDAHULUAN

Di akhir milenium kedua perkembangan internet sungguh revolusioner karena internet telah merasuki segala aspek kehidupan manusia. Dengan internet kita dapat melakukan komunikasi antara manusia dengan manusia, manusia dengan komputer atau komputer dengan komputer. Internet merupakan sebuah sistem yang memberikan informasi yang terorganisir dan terkelola dengan baik. Untuk memahami bagaimana hubungan internet dengan TCP/IP, mula-mula kita harus mendefinisikan konsep protokol dan standar.
Internet (Inter-Network) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk milyaran pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (forum, email, milis), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.
Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. 'Teks miringBerkas:Teks tebal


BAB II
PEMBAHASAN

A. pengenalan dunia internet secara umum


Definisi

Internet(Inter-Conected) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang
menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun
perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomnunikasi dan sumber daya
informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet
meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (Usenet News, email, milis), sumber

daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu

lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yangdigunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalamjaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (errorhandling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada

internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa
terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.
Sebuah sistem komputer yang terhubung secara langsung ke jaringan memiliki nama
domain dan alamat IP (Internet Protocol) dalam bentuk numerik dengan format tertentu
sebagai pengenal. Internet juga memiliki gateway ke jaringan dan layanan yang berbasis
protokol lainnya.


B. PENGERTIAN INTERNET
PENGERTIAN INTERNET Internet (inter-network)dapat diartikan jaringan computer luas yang menghubungkan pemakai computer satu computer dengan computer lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu Negara ke Negara di seluruh dunia ,dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi Fasilitas layanan internet Browsing atau surfing Yaitu kegiatan “berselancar” di internet .kegiatan ini dapat di analogikan layaknya berjalan –jalan di mal sambil melihat –lihat ke took-tokotanpa membeli apapun. Elektronik mail(E-mail) Fasilitas ini digunakan untuk berkirim surat /dengan orajng lain ,tanpa mengenal batas ,waktu,ruang bahkan birokrasi Searching Yaitu kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet Catting fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain di internet.pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet world wide web(WWW) dengan world wide web(WWW) ini anda dapat mengambil, memformat ,dan menampilkan informasi (termasuk teks ,audio, grafik dan video) dengan menggunakan hypertekxt links Mailing list Fasilitas ini digunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan E-mail.mailing list ini digunakan untuk bertukar infomasi ,pendapat dan lain sebagainya . Newsgroup Fasilitad ini digunakan untuk berkoferensi jarak jauh ,sehingga anda dapatmenyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet . Download Adalah proses mengambil file dari computer lain melalui internet ke komputer kita. Upload Adalah proses meletakkan file dari computer kita ke computer lain melalui internet File transfer protocol (FTP) Fasilitas ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektroniok atau transfer file dari satu computer ke computer lain di internet .beberapa di internet telah tersedia file atau dokumentyang siap[ untuk diduplikat oleh orang lain secara gratis . Telnet fasilitas ini digunakan untuk masuk ke system computer tertentu dan bekerja pada system komputer lain. Ghoper Fasilitas ini digunakan untuk menempatkan informasi yang di simpan pada internet servers dengan menggunakan hirarkhi dan anda dapat mengambil informasi tersebut

c. SEJARAH INTERNET
Sejarah Internet dan Perkembangan Internet
Sejarah dari adanya intenet dimulai pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.
Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Sejarah Perkembangan Internet
2.1. Di dunia
Cikal bakal jaringan Internet yang kita kenal saat ini pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency). ARPAnet dibangun dengan sasaran untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan. Dengan cara ini diharapkan apabila satu bagian dari jaringan terputus, maka jalur yang melalui jaringan tersebut dapat secara otomatis dipindahkan ke saluran lainnya.
Di awal 1980-an, ARPANET terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer), akan tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dapat dilakukan. Pada mulanya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tapi lama-kelamaan disebut sebagai Internet saja. Sesudahnya, internet mulai digunakan untuk kepentingan akademis dengan menghubungkan beberapa perguruan tinggi, masing-masing UCLA, University of California at Santa Barbara, University of Utah, dan Stanford Research Institute. Ini disusul dengan dibukanya layanan Usenet dan Bitnet yang memungkinkan internet diakses melalui sarana komputer pribadi (PC). Berikutnya, protokol standar TCP/IP mulai diperkenalkan pada tahun 1982, disusul dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Service) pada 1984.
Di tahun 1986 lahir National Science Foundation Network (NSFNET), yang menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat super komputer. Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan konsorsium-konsorsium riset. NSFNET kemudian mulai menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset utama di Amerika hingga pada bulan Maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan. Pada saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Australia, negara-negara Skandinavia, Inggris, Perancis, Jerman, Kanada dan Jepang segera bergabung kedalam jaringan ini.
Pada awalnya, internet hanya menawarkan layanan berbasis teks, meliputi remote access, email/messaging, maupun diskusi melalui Mailing List. Layanan berbasis grafis seperti World Wide Web (WWW) saat itu masih belum ada. Yang ada hanyalah layanan yang disebut Gopher yang dalam beberapa hal mirip seperti web yang kita kenal saat ini, kecuali sistem kerjanya yang masih berbasis teks. Kemajuan berarti dicapai pada tahun 1990 ketika World Wide Web mulai dikembangkan oleh CERN (Laboratorium Fisika Partikel di Swiss) berdasarkan proposal yang dibuat oleh Tim Berners-Lee. Namun demikian, WWW browser yang pertama baru lahir dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1992 dengan nama Viola. Viola diluncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW. Tentu saja web browser yang pertama ini masih sangat sederhana, tidak secanggih browser modern yang kita gunakan saat ini.
Terobosan berarti lainnya terjadi pada 1993 ketika InterNIC didirikan untuk menjalankan layanan pendaftaran domain. Bersamaan dengan itu, Gedung Putih (White House) mulai online di Internet dan pemerintah Amerika Serikat meloloskan National Information Infrastructure Act. Penggunaan internet secara komersial dimulai pada 1994 dipelopori oleh perusahaan Pizza Hut, dan Internet Banking pertama kali diaplikasikan oleh First Virtual. Setahun kemudian, Compuserve, America Online, dan Prodigy mulai memberikan layanan akses ke Internet bagi masyarakat umum.
2.2 Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia
Sejarah internet Indonesia berawal pada awal tahun 1990-an, saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktifitasnya terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.
RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.
Di tahun 1989-1990-an, teman-teman mahasiswa Indonesia di luar negeri mulai membangun tempat diskusi di Internet, salah satu tempat diskusi Indonesia di Internet yang pertama berada di indonesians@janus.berkeley.edu. Berawal dari mailing list pertama di Janus diskusi-diskusi antar teman-teman mahasiswa Indonesia diluar negeri pemikiran alternatif beserta kesadaran masyarakat ditumbuhkan. Pola mailing list ini ternyata terus berkembang dari sebuah mailing list legendaris di janus, akhirnya menjadi sangat banyak sekali mailing list Indonesia terutama di host oleh server di ITB & egroups.com. Mailing list ini akhirnya menjadi salah satu sarana yang sangat strategis dalam pembangunan komunitas di Internet Indonesia.

D. KONSEP INTERNET
Konsep Internet
Internet adalah kumpulan atau jaringan dari jaringan komputer yang ada di seluruh dunia. Dalam hal ini komputer yang sebelumnya stand alone kini dapat berhubungan langsung dengan host-host atau kompter-komputer yang lainnya.
Definisi lainnya adalah, internet bagaikan sebuah kota elektronik yang sangat besar di mana setiap penduduk memiliki alamat (internet address) yang dapat digunakan untuk berkirim surat atau informasi. Jika penduduk itu ingin berkeliling kota, cukup dengan menggunakan komputer sebagai kendaraan. Jaringan jalanya bertempu di atas sarana atau media telekomunikasi. jalur lambatnya menggunakan line telepon, dan jalur cepatnya bisa menggunakan leased line atau ISDN.
Selai itu ada definisi lain bahwa internet adalah jaringan komputer (interconnected network) di seluruh dunia, yang berisikan tentang informasi dan juga merupakan sarana komunikasi data (suara, gambar, vidio, dan teks). informasi ini dibuat oleh penyelenggara atau pemilik jaringan komputer tersebut atau dibuat oleh pemilik informasi yang menitipkan informasinya kepada pemilikjaringan komputer yang tersambung ke jarigan.

Konsep Internet dan intranet

Konsep Intranet Memakai metode komunikasi internet dalam suatu perusahaan.

Internet Cakupannya adalah global, komunikasi lewat saluran telekomunikasi dan penggunanya boleh siapa saja.

Intranet Cakupan nya terbatas yaitu didalam organisasi


E. BERBAGAI JENIS KONEKSI INTERNET
Berbagai jenis koneksi ke Internet [ ID ] part 3
January 5, 2010 at 9:10 am (Istilah Dalam Komputer, komputer, UJIAN nasional TKJ)
Banyak jalan ke Roma, demikian juga banyak koneksi yang bisa dilakukan untuk mengakses internet. Koneksi internet itu didasari oleh KECEPATAN. Jadi kecepatan transport data merupakan tolak ukur dari koneksi tersebut. Kita akan bahas dari dasar koneksi yang digunakan jaman dulu hingga sekarang millenium baru :
• Analog Dial up = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Dengan menggunakan sebuah modem dial-up. Saat online [ connect ] maka telepon tidak dapat digunakan.
- Perhitungan pulsa telepon berjalan + biaya internet dari provider. Biaya ditentukan total lama penggunaan [ vario price ],
- Jaman awal-awal kecepatan dibawah 10kb , nmun hingga sekarang kecepatan max 56kb.
- kecuali leased line [ sambungan kabel khusus dan one to one / tidak terbagi ] kecepatan 64kb – 128kb. namun sudah tidak begitu terkenal.
- seluruh daerah yang terdapat line telepon dapat menggunakan koneksi ini.
Pengembangan lanjutannya adalah ISDN [ Integrated services digital network ] kecatan max 128kb.

• Broadband = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel tv, dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat sekaligus nonton tidak berpengaruh.
- Dan biaya lebih hemat cukup membayar abodemen tv cable + biaya internet provider dan internet bisa di akses 24 jam online [ no limit ] tanpa batas. [ fix rate bulanan ] ditentukan oleh kecepatan yang diambil.
- kecepatan mulai dari 384kb – 3mb saat ini.
- Namun hanya daerah yang dilewati kabel tv yang bisa menggunakan koneksi ini.
• ADSL = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon juga. Namun ADSL menggunakan teknologi yang lebih modern. Saat online jalur telepon tidak terganggu, dapat digunakan dalam kebersamaan.
- Biaya cukup membayar provider internet, karena dianggap pulsa tidak berjalan, hanya pinjem kabel teleonnya saja. Sistem perhitungan berdasarkan besarnya kilobyte yang digunakan, koneksi 24 jam online. [ Fix rate by quantity traffict ],
- Kecepatan Maximum download speed about 384 Kbps and upload speed about 64 Kbps
- hanya daerah tertentu juga yang bisa menggunakan koneksi ini.
• Wave atau Gelombang Radio, sempat berjalan namun memang tidak banyak yang menggunakannya, koneksi jenis ini adalah menggunakan sebuah modem khusus yang ditembak ke sebuah BTS juga kita sebut yang terdekat. karena menggunakan gelombang maka cuaca jelek koneksi jelek.
- Biaya cukup membayar provider, akan dipinjamkan alat khusus receivernya. [ fix rate bulanan ] unlimited use.
- kecepatan hingga 512kbs
- lokasi tertentu yang ada pemancar baru bisa.
• T1 dan T3 line, T1 merupakan pilihan yang populer untuk disewakan bagi kepentingan bisnis untuk tersambung ke Internet dan untuk ISP tersambung ke backbone Internet. T-1 Lines merupakan koneksi telepon terdedikasi yang mendukung besaran data hingga 1.544 Mbps.
T3 merupakan jaringan telepon yang didedikasikan untuk mendukung transfer data hingga 43 hingga Mbps.
- Biaya pasti lebih tinggi dan ini digunakan untuk kepentingan bisnis. dan biasanya fix rate bulanan by speed for unlimited use.
- lokasi bisa dibicarakan dengan provider.
• Satelite VSAT, Koneksi menggunakan satelite merupakan koneksi yang cukup cepat namun termahal. Koneksi ini kita harus menggunakan sebuah payung [ parabola khusus ] untuk menangkap signal satelit.
- kecepatan dari 64 hingga 2mb [ berlaku hanya di Indonesia ] international lebih dari 2mb.
- biaya fix rate bulanan by speed for unlimited use.
- lokasi ditentukan oleh ISP yang menyediakan fasilitas ini.
• Fiber Optic, Koneksi jenis ini menggunakan sambungan kabel fiber optic [ kabel yang kecepatannya setara dengan kecepatan cahaya ] yang tersambung antara provider dengan perusahaan. Ini biasanya untuk perusahaan besar seperti Banking, Securitas, dll.
- kecepatannya hingga 1Gb mmm Manteeep booo [ buat main game no lag anymore hehe ]
- biaya fix rate bulanan ditentukan oleh kecepatan kapasitas / bandwith yang di pilih
- lokasi ditentukan oleh mereka yang bersangkutan [ maksudnya dibicarakan gitu nanti ditarik kabelnya ]
• WIFI / Hotspot, Jenis koneksi ini mulai heboh akhir-akhir ini. Dibeberapa kafe, mal berlomba-lomba memberikan fasilitas ini bahkan gratis untuk para pengunjung / langganan mereka. Wi-fi ini bisa terkoneksi apabila kita memilikimodem WIFI, biasanya notebook jadul belum ada jangan sedih bisa dibeli kok slot pcmci atau colokan usb. Kalau notebook baru biasanya sudah build in semua, dan handphone smartphone khususnya telah memiliki wifi build in juga. sehingga bisa langsung dapat digunakan.
- biaya GRATIS – kalo penyedianya kasi gratis. Kalo bayar maka biasanya di hitung oleh jumlah kb yang digunakan, model seperti isi voucher hp. semua ini tergantung kepada ISP / penyedia jasa internet.
- kecepatan 11mb — 100mb [ semacam lan card ]
- lokasi biasanya di mall, cafe, dan tempat yang ada memang kita telah tahu, misalnya kantor, rumah.
• HANDPHONE = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulaidari 64kb – 2mb.
Untuk detail kecepatan internet handphone bisa dilihat di sini.
F. Manfaat Internet
Manfaat Internet

Dewasa ini, penggunaan internet telah merasuk pada hampir semua aspek kehidupan,baik,sosial, ekonomi, pendidikan, hiburan, bahkan keagamaan. Pendeknya apa saja yang
dapat terpikirkan!
Kita dapat mengetahui berita-berita teraktual hanya dengan mengklik situs-situs berita di
web. Demikian pula dengan kurs mata uang atau perkembangan di lantai bursa, internet
dapat menyajikannya lebih cepat dari media manapun.
Para akademisi merupakan salah satu pihak yang paling diuntungkan dengan kemunculan
internet. Aneka referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui
internet tersedia dalam jumlah yang berlimpah. Para mahasiswa tidak lagi perlu
mengaduk-aduk buku di perpustakaan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas
kuliah. Cukup dengan memanfaatkan search engine, materi-materi yang relevan dapat
segera ditemukan.
Selain menghemat tenaga dalam mencarinya, materi-materi yang dapat ditemui di
internet cenderung lebih up-to-date. Buku-buku teks konvensional memiliki rentang
waktu antara proses penulisan, penerbitan, sampai ke tahap pemasaran. Kalau ada
perbaikan maupun tambahan, itu akan dimuat dalam edisi cetak ulangnya, dan itu jelas
membutuhkan waktu. Kendala semacam ini nyaris tidak ditemui dalam publikasi materi
ilmiah di internet mengingat meng-upload sebuah halaman web tidaklah sesulit
menerbitkan sebuah buku. Akibatnya, materi ilmiah yang diterbitkan melalui internet
cenderung lebih aktual dibandingkan yang diterbitkan dalam bentuk buku konvensional.
Kelebihan sarana internet yang tidak mengenal batas geografis juga menjadikan internet
sebagai sarana yang ideal untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh, baik melalui
kursus tertulis maupun perkuliahan. Tentu saja ini menambah panjang daftar keuntungan
bagi mereka yang memang ingin maju dengan memanfaatkan sarana internet.
Internet juga berperan penting dalam dunia ekonomi dan bisnis,dll
Budaya Internet

Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim.

Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.

Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government.

G. fasilitas dan layanan internet
Fasilitas Internet
Layanan Internet

• Surat elektronik (e-mail)
• Telnet
• Kelompok diskusi / mailing list
• File server/transfer (FTP)
• Web/Distributed Multimedia database (WWW)
• IRC (Internet Relay Chat)
• Video dan suara



1.WORLD WIDE WEB [WEB]

Mengakses informasi berupa teks, gambar, suara, film, dll. Software browser yaitu Microsoft

Internet Explorer dan Netscape Communicator.

2. ELECTRONIC MAIL [EMAIL]

Surat elektronik adalah pesan yang dapat dikirimkan, diterima maupun disimpan dan

sewaktu-waktu dapat diambil kembali oleh user melalui internet/jaringan eletronik.

3. TELNET

Kita bisa menggunakan komputer untuk berhubungan dengan komputer orang lain dan mencari

atau mengambil informasi yang ada dikomputer tersebut.

4. FILE TRANSFER PROTOCOL [FTP]

Melalui FTP user bisa mengirimkan data atau filedari satu komputer ke komputer yang lain,

Download dan Upload.

5. GOPHER

Pengaksesan informasi hanya berupa teks.

6. CHAT GROUPS / INTERNET RELAY CHAT (IRC)

Forum dimana user dapat saling berdiskusi atau berbincang-bincang dengan user lain.

7. NEWSGROUP

Ruang percakapan bagi para user yang mempunyai kepentingan bersama.

Syarat terhubung Internet

Modem

Modem biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer ke Node ISP. Ada berbagai jenis

modem saat ini :

- Modem Dial-up biasa digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan melalui

saluran telpon. Kebanyakan orang menggunakan modem dial-up untuk menghubungkan

komputer ke kantor atau ke Internet. Saat ini banyak orang orang memanfaat modem dial-up

karena jangkauan saluran telepon yang cukup luas, namun kelemahannya adalah

kecepatannya terbatas sampai dengan 56Kbps.

- Modem Cable biasa digunakan untuk koneksi ke Internet melalui ISP memanfaatkan jaringan

kabel perusahaan TV Kabel untuk layanan siaran TV. Saat ini jangkauan layanan ini sangat

terbatas, hanya di kota-kota besar, karena dibutuhkan investasi yang cukup besar untuk

menjangkau seluruh lokasi di indonesia. Umumnya kelemahan koneksi Internet lewat Kabel

TV adalah penggunaan kabel jaringan yang dibagi ke banyak pelanggan sehingga

kecepatannya tidak stabil.

- Modem DSL biasa digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan atau Internet

melalui kabel telepon. Perbedaan utama dengan modem dial-up adalah pada modem dial-up

harus menggunakan saluran sarana telepon publik, sedangkan pada modem DSL bisa

menggunakan kabel telepon tanpa harus melalui saluran sarana telpon publik. Keunggulan

koneksi menggunakan DSL adalah kecepatan yang stabil dan sanggup memberikan

kecepatan tinggi (Broadband). Saat ini PT. Lintasarta telah melakukan perluasan jangkauan

penyediaan DSL ke Gedung-gedung tinggi dan Mal perbelanjaan

2. Router

Sebuah router akan menghubungkan dua buah jaringan, menyalurkan data dan mencegah trafik

data yang tidak diperlukan masuk ke jaringan. Dalam hal ini mirip dengan polisi lalu lintas yang

mengatur arah dan tujuan kendaraan. Router akan memastikan data yang dikirim sampai di

tujuan dan akan memilih rute terbaik untuk sampai ditujuan. Router juga akan memilah-milah

data dikirim, dimana data yang ditujukan antara sesama komputer dalam satu LAN tidak akan

diteruskan ke WAN untuk efisiensi penggunaan saluran. Penggunaan router untuk koneksi

internet biasanya setelah (dibelakang) modem dan biasanya digunakan apabila ada beberapa

terminal (PC) ingin terkoneksi ke internet secara bersamaan dengan menggunakan sebuah

modem

3. Hub

Sebuah hub akan menghubungkan perangkat-perangkat (PC) dalam satu LAN. Hub memiliki

port-port yang akan dikoneksikan ke masing-masing komputer. Setiap komputer bisa

berkomunikasi dengan lainnya melalui port tersebut. Hub memiliki 4 buah port sampai dengan 64

port atau bisa lebih, dengan harga yang berbeda-beda. Kelemahan dari Hub adalah pada saat

sebuah komputer sedang mengirim data, maka seluruh komputer pada hub tersebut tidak boleh

mengirim data agar tidak bertabrakan dan data yang dikirim dari satu port akan diteruskan ke

semua port, hal ini menyebabkan efisiensi penggunaan saluran menjadi rendah, sekitar 30%.

Untuk koneksi ke internet biasanya HUB digunakan setelah (dibelakang) Router karena biasanya

router memiliki keterbatasan jumlah port untuk terkoneksi ke Terminal-terminal (PC)

4. Switch

Switch mempunyai fungsi yang sama dengan hub, hanya saja mempunyai kemampuan yang

lebih baik. Switch akan membagi-bagi waktu pengiriman data pada tiap-tiap port dan mengatur

asal dan tujuan pengiriman data antar port. Jika pada hub, data yang dikirim dari satu port akan

disebar ke semua port, maka pada switch data yang dikirim dari satu port akan dibaca terlebih

dahulu tujuannya untuk disampaikan ke port yang dituju, sehingga efisiensi penggunaan saluran

menjadi tinggi. Efisiensi yang tinggi menyebabkan kecepatan pengiriman data lebih baik

dibanding dengan hub.





h. contoh jaringan internet
Akses Internet semakin banyak di butuhkan oleh berbagai pihak, baik untuk kantor, warnet, game online, sekolah, kampus bahkan dirumah.
Untuk lebih memudahkan pelanggan dalam mengimplementasikan jaringan Internet di lingkungannya berikut adalah beberapa contoh umum yang dapat digunakan dalam merancang jaringan komputer berbasis TCP/IP.
Contents
[hide]
• 1 Contoh 1
• 2 Contoh 2
• 3 Contoh 3
• 4 Contoh 4
• 5 Contoh 5
• 6 Contoh 6
• 7 Contoh 7
• 8 Pranala Menarik

[edit] Contoh 1
Akses Internet melalui:
Wireless LAN (WLAN) / Leased line
Implementasi untuk:
• SOHO = Small Office Home Office atau UKM = Usaha Kecil Menengah
• Kantor Cabang
• Sekolah
• Warung Internet atau Game Online
Aplikasi untuk:
• Browsing Internet
• Chatting
• Download / Upload
• VoIP = Voice Over Internet Protocol
• Game online
Keterangan:
• Jika diperlukan adanya server yang dapat diakses dari Internet yang terpisah dengan PC Router dapat menggunakan teknik Port Forwarding.


Gambar 1. Jaringan Internet Sederhana menggunakan WLAN

[edit] Contoh 2
Akses Internet melalui:
Wireless LAN (WLAN)
Implementasi untuk:
• SOHO = Small Office Home Office atau UKM = Usaha Kecil Menengah
• Kantor Cabang
• Sekolah
• Warung Internet atau Game Online
Aplikasi untuk:
• Browsing Internet
• Chatting
• Download / Upload
• VoIP = Voice Over Internet Protocol
• Game online
Keterangan:
• Terdapat DMZ = De Military Zone untuk sistem keamanan Server
• Dapat menambahkan 1 Server yang dapat diakses dari Internet
• Membutuhkan 4 IP Public = 1 IP Public untuk server yang dapat diakses langsung dari Internet, 1 IP Public sebagai gateway dari server yang ada, 1 IP Public sebagai Network Address, 1 IP Public sebagai Broadcast Address.


Gambar 2. Jaringan Internet dengan DMZ menggunakan WLAN

[edit] Contoh 3
Akses Internet melalui:
Wireless LAN (WLAN)
Implementasi untuk:
• Perusahaan menengah
• Kantor Pusat
• Kampus
Aplikasi untuk:
• Browsing Internet
• Chatting
• Download / Upload
• VoIP = Voice Over Internet Protocol
• Application Server
Keterangan:
• Memerlukan alokasi /29 dengan 8 IP Public = 5 IP Public untuk server yang dapat diakses langsung dari Internet, 1 IP Public sebagai gateway dari server yang ada, 1 IP Public sebagai Network Address, 1 IP Public sebagai Broadcast Address.
• Memiliki Netname sendiri yang dapat di whois dari Internet.
• Membutuhkan Network/System Administrator.


Gambar 3. Jaringan Internet dengan alokasi /29 menggunakan WLAN

[edit] Contoh 4
Akses Internet melalui:
ADSL
Implementasi untuk:
• SOHO = Small Office Home Office atau UKM = Usaha Kecil Menengah
• Kantor Cabang
• Sekolah
• Warung Internet atau Game Online
Aplikasi untuk:
• Browsing Internet
• Chatting
• Download / Upload
• VoIP = Voice Over Internet Protocol
• Game online
Keterangan:
• Jika diperlukan adanya server yang dapat diakses dari Internet yang terpisah dengan PC Router dapat menggunakan teknik Port Forwarding, tetapi perlu diketahui teknologi ADSL tidak cocok untuk menempatkan web server di dalam jaringan karena sifatnya yang Asymmetric dimana Downstream biasanya besar tetapi Upstream kecil.


Gambar 4.Jaringan Internet Sederhana Menggunakan ADSL menggunakan modem eksternal

[edit] Contoh 5
Akses Internet melalui:
ADSL
Implementasi untuk:
• SOHO = Small Office Home Office atau UKM = Usaha Kecil Menengah
• Kantor Cabang
• Sekolah
• Warung Internet atau Game Online
Aplikasi untuk:
• Browsing Internet
• Chatting
• Download / Upload
• VoIP = Voice Over Internet Protocol
• Game online
Keterangan:
• Jika diperlukan adanya server yang dapat diakses dari Internet yang terpisah dengan PC Router dapat menggunakan teknik Port Forwarding, tetapi perlu diketahui teknologi ADSL tidak cocok untuk menempatkan web server di dalam jaringan karena sifatnya yang Asymmetric dimana Downstream biasanya besar tetapi Upstream kecil.


Gambar 5. Jaringan Internet Sederhana Menggunakan ADSL menggunakan modem internal/USB

[edit] Contoh 6
Akses Internet melalui:
ADSL
Implementasi untuk:
• SOHO = Small Office Home Office atau UKM = Usaha Kecil Menengah
• Kantor Cabang
• Personal
Aplikasi untuk:
• Browsing Internet
• Chatting
• Download / Upload
• VoIP = Voice Over Internet Protocol
• Game online



Gambar 6. Jaringan Internet Personal menggunakan ADSL

[edit] Contoh 7
Akses Internet melalui:
Wireless LAN (WLAN), ADSL, Fiber Optic, Leased Line dll.
Implementasi untuk:
• APARTEMENT
• Gedung Perkantoran
Aplikasi untuk:
• Browsing Internet
• Chatting
• Download / Upload
• VoIP = Voice Over Internet Protocol
• Game Online
Keterangan:
• Akses Internet melalui infrastruktur kabel telepon gedung , dimana Internet di tumpangkan pada kabel telepon yang ada di Apartment atau gedung perkantoran.
• Pelanggan cukup menggunakan Home PNA Adaptor atau ADSL modem biasa sebagai pengganti modem.



Gambar 7. Jaringan Internet menggunakan Home PNA









http://www.google.co.id/images?hl=id&biw=1280&bih=557&gbv=2&tbs=isch%3A1&sa=3&q=KONSEP+INTERNET&btnG=Telusuri+gambar
http://www.scribd.com/doc/2490005/JARINGAN-KOMPUTER-INTERNET-
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Contoh_Desain_Jaringan_Internet_untuk_Pelanggan_ISP

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar