Nama : FIFI ELLIN
NPM : 12210769
Kelas : 4EA13
STRATEGI MEMASARKAN
PRODUK BARU DI ERA GLOBALISASI
Era globalisasi telah membawa dampak bagi
perkembangan perekonomian di dunia bahkan di Indonesia. Hal yang paling sulit
dilakukan perusahaan adalah ketika memproduksi produk baru dan bagaimana cara
untuk memperkenalkan serta menginfomasikannya hingga sampai ke masyarakat.
Berbagai macam strategi harus dijalankan perusahaan guna kelancaran dalam
memasarkan produknya.
Strategi menjual atau jualan produk baru, Produk
baru yang dimaksud dalam artikel ini adalah produk atau barang yang baru
ditawarkan dipasaran. Dengan demikian produk atau barng yang dijual belum
banyak dikenal oleh konsumen atau bahkan belum dikenal oleh Masyrakat umum.
Untuk itu diperlukan strategi atau cara menjual yang berbeda namun jitu agar
barang bisa diserap dipasaran secara optimal.
Ada beberapa kendala dalam menjual atau
memasarkan produk baru, yaitu bagaimana produk baru bisa sampai kepada
masyarakat dan bagaimana strategi – strategi yang digunakan dapat berjalan
dengan baik sehingga perusahaan dapat beroleh keuntungan. Namun sebagai penjual
kita selalu dituntut bisa menjual produk atau barang baru tersebut. Dalam hal
ini, Tentu tidak mudah dan tidak akan optimal jika mengikuti atau menggunakan
strategi penjualan umum yang biasa dilakukan oleh merek produk atau barang yang
sudah mempunyai nama serta sudah dikenal oleh masyarakat atau konsumen secara
umum.
Dalam era globalisasi yang semakin pesat saat
ini, perusahaan dituntut untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan
teknologi saat ini. Media cetak pun sudah mulai menurun bahkan hamper terabaikan
oleh kemajuan media elektronik yaitu internet. Oleh sebab itu saat ini
dibutuhkan cara – cara pemasaran yang baik digunakan dalam era globalisasi saat
ini, yaitu sebagai berikut :
1.
Membuat
Jejaring Social (Social Media) Di Dunia Maya
Jejaring social
saat ini begitu pesat pertumbuhannya, yaitu seperti twitter, facebook, path, instagram, dan lain – lain telah
meramaikan dunia maya di dunia, bahkan membawa dampak yang cukup besar bagi
Indonesia. Banyaknya social media yang diikuti pengguna dari media – media social
yang ditawarkan, juga membawa dampak bagi indsustri perekonomian khususnya di
Indonesia.
Keuntungan memakai
jejaring social adalah pemasaran yang digunakan gratis, tidak mengeluarkan
biaya, hanya menggunakan biaya dalam pemakaian internet. Kemudian dapat diakses
secara mudah, yaitu di handphone atau smartphone, sehingga dapat berkomunikasi
secara cepat dan mudah. Dengan manfaat yang diberikan dari jejaring social dengan
membagikan foto, video, serta berita berita yang menarik guna menarik perhatian
calon konsumen. sehingga diharapkan dengan adanya media social masyarakat yang
ada dalam era globalisasi saat ini bisa dengan mudah mendaoat informasi produk –
produk baru yang telah dibuat perusahaan.
2. Membuat sebuah
artikel atau berita menarik
Buatlah sebuah berita yang berisi konten yang menjelaskan secara
detail dan rinci tentang bisnis Anda yang mebuat produk baru, dan apa yang
membuat bisnis Anda berbeda dari yang lain atau dengan kata lain memiliki ciri
khas tersendiri dibandingkan produk lain. Kemudiuan menargetkan di seluruh
surat kabar yang dinilai relevan dengan bisnis Anda, dan jangan berhenti sampai
disitu. Buatlah juga dalam website, majalah, dan radio yang sesuai dengan
bisnis yang Anda jalankan, sehingga diharapkan masyarakat dapat mengetahui
produk yang baru kita buat dan berpotensi untuk membeli produk kita
3.
Membuat sebuah
website atau alamat dengan situs resmi
Untuk membuat sebuah bisnis yang ingin berkembang dan sukses dan
agar produk yang baru dibuat dapat disampaikan dengan baik kepada masyarakat,
sangat perlu dibuat sebuah Website atau Blog. hal pertama yang dilakukan calon
pembeli saat ingin membeli sebuah produk adalah mencarinya lewat Google yaitu
di www.google.com .kemudian buatlah website
tentang bisnis yang anda buat serta rincian yang jelas mengenai produk baru
yang anda buat, lalu dari sebuah Website yang menarik dapat membuat bisnis Anda
terlihat profesional, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis
Anda. sosial media yang Anda gunakan juga harus terhubung dengan Website Anda. Sehingga
dari website atau blog yang anda buat, dapat membuat citra dan kesan tersendiri
yang tercermin dari perusahaan anda, dan produk baru yang anda buat dapat terinformasikan
dengan baik kepada masyarakat.
4. Memberikan ciri
khas tersendiri pada produk yang dibuat
Tawarkanlah pada masyarakat tentang manfaat dari produk dengan memberikan
kualitas terbaik dan ciri khas tersendiri dari produk yang baru dibuat, serta
slogan – slogan atau motto tertentu agar produk mudah di ingat oleh konsumen
5. Membuat event – event tertentu
Perusahaan yang baru membuat produk baru, diharapkan dapat membuat event – event tertentu guna menarik masyarakat. Dengan menggunakan
tenaga penyanyi – penyanyi atau selebritis yang sudah dikenal masyarakat dan
menjualnya dengan menggunakan tenaga promosi penjualan
6. Menggunakan tenaga
kerja langsung
Dengan menggunakan tenaga kerja langsung seperti SPG (Sales Promotion Girl) yang turun langsung kepada calon konsumen
untuk menawarkan serta memperkenalkan kepada masyarakat tentang produk baru
yang dibuat dalam bisnis anda. SPG digunakan pada perayaan atau event-event tertentu di tempat keramain dengan menggunakan
brosur atau hadiah souvenir tertentu. Dengan menggunakan biaya untuk upah dari
seorang SPG per harinya. Sehingga diharapkan masyarakat dengan mudah mengetahui
produk baru tersebut.
7. Membuat iklan di
Televisi
Buatlah iklan – iklan di televise dengan menarik dan memiliki ciri khas
tersendiri. Dengan penyampaian yang menggunakan tokoh yang sudah dikenal
masyarakat, slogan – slogan yang mudah di ingat. Sehingga dapat membangun citra
produk yang baru dibuat
Demikian tips – tips yang saya sampaikan guna memasarkan produk baru
dalam era globalisasi saat ini semoga dapat bermanfaat. Terima kasih J J
Tidak ada komentar:
Posting Komentar